Sukses

Cuaca Ekstrem Berpotensi Terjadi di Sejumlah Wilayah hingga Lebaran 24 Mei Nanti

Liputan6.com, Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sejumlah wilayah di Tanah Air berpotensi mengalami cuaca ekstrem hingga Hari Raya Idul Fitri 24 Mei 2020 besok.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Mulyono Rahadi Prabowo menuturkan, Siklon Tropis Mangga penyebab terjadinya cuaca ekstrem ini.

Siklon tropis tersebut terpantau berada di Samudra Hindia barat daya Banten dengan kecepatan angin maksimum 65 km/jam (35kt) dan tekanan 995 hPa pada Jumat 22 Mei 2020 malam. Siklon ini bergerak ke arah Tenggara (bergerak menjauhi wilayah Indonesia).

Dia memprakirakan, intensitasnya menguat secara perlahan dalam 24 jam ke depan atau pada hari ini, Sabtu (23/5/2020).

"Siklon tropis mangga ini secara tidak langsung berdampak terhadap pembentukan konvergensi memanjang dari Banten hingga Perairan selatan Banten serta belokan angin di sekitar Pesisir barat Sumatera sehingga mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di wilayah tersebut," jelas Mulyono dalam rilis BMKG Jumat malam seperti dikutip Liputan6.com.

Menurut dia, Siklon Tropis Mangga juga mampu menginduksi peningkatan kecepatan angin di sekitar sistem yakni di sepanjang Perairan barat Sumatera dan di Samudra Hindia barat daya Sumatera yang berdampak pada peningkatan ketinggian gelombang air laut. 

Daerah sirkulasi siklonik terpantau di Perairan selatan Bali yang membentuk konvergensi memanjang di NTT bagian timur dan di Perairan selatan NTB yang mampu meningkatkan potensi hujan di sepanjang daerah siklonik dan konvergensi tersebut.

"Konvergensi lainnya juga terpantau memanjang dari Aceh hingga Laut Natuna bagoan barat, di Kalimantan Utara bagian timur, dari Sulawesi Tengah hingga Gorontalo, di Laut Arafuru, dan dari Papua Barat hingga Papua," kata Mulyono.

Berikut rincian wilayah yang berpotensi hujan lebat pada prakiraan cuaca ekstrem BMKG 22-24 Mei 2020:

 

2 dari 5 halaman

23 Mei 2020

Sumatera Utara

Riau

Sumatera Selatan

Bali

Nusa Tenggara Timur

Sulawesi Tengah

Sulawesi Tenggara

Papua Barat

 

3 dari 5 halaman

24 Mei 2020

Sumatera Utara

Nusa Tenggara Timur

Gorontalo

Sulawesi Tengah

Sulawesi Tenggara

Papua Barat

4 dari 5 halaman

Potensi Angin Kencang

Wilayah yang bepotensi hujan lebat disertai angin kencang sebagai berikut:

23 Mei 2020

Aceh

Jambi

Nusa Tenggara Barat

Kalimantan Barat

Kalimantan Utara

Gorontalo

Maluku

 

24 Mei 2020

Aceh

Riau

Jambi

Sumatera Selatan

Kalimantan Barat

Kalimantan Utara

Sulawesi Utara

Maluku Utara

Maluku

Раpua

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: