Sukses

Detik-Detik Penangkapan Youtuber Ferdian Paleka di Tol Tangerang - Merak

Setelah berkordinasi, PJR bersama Reskrim Polda Jabar melihat mobil Ferdian Paleka, berplat nomor B 1246 VCD melintas.

Liputan6.com, Jakarta - Ferdian Pelaka, Youtuber kontroversi yang membuat konten pembagian paket sembako yang ternyata berisi sampah di Bandung, diduga habis melarikan diri dari wilayah Banten. Bersama tiga orang lainnya, Ferdian ditangkap di Tol Tangerang-Merak, Kamis (7/5/2020) sekitar pukul 23.30 Wib.

Ipda Giyarto, Kanit PJR Bitung Ditgakkum Korlantas Polri menjelaskan, bila pihaknya mendapat permintaan dari tim Reskrim Polda Jawa Barat, untuk membantu mengamankan Ferdian Paleka, lantaran mobil yang ditumpanginya melintas di Tol Tangerang-Merak.

"Sekitar pukul 23.00 atau 23.30, Kamis malam, anggota Reskrimum Polda Jabar mendatangi PJR. Berkordinasi, meminta bantuan untuk melakukan pengejaran sekaligus penangkapan yang terduga Youtuber sembako sampah, atas nama Ferdian Paleka," tutur Ipda Giyarto, kepada Liputan6.com, Jumat (8/5/2020).

Lalu, setelah berkordinasi, PJR bersama Reskrim Polda Jabar melihat mobil sedan berwarna hitam berplat nomor B 1246 VCD melintas. Kemudian dilakukan pengejaran dari arah KM 25, arah Merak menuju Jakarta.

Pengejaran juga dilakukan dengan menggunakan pengeras suara, memperingatkan berkali-kali, agar mobil yang ditumpangi Ferdian Paleka tersebut menepi. Petugas terus memepet mobil sedan tersebut, sembari terus membunyikan sirene dan peringatan melalui pengeras suara.

"Diteriaki pakai toa, sebagai shock terapi juga, baru di KM 19 tepatnya sebelum exit tol Tangerang, mobil tersebut menepi," tutur Ipda Giyarto.

Setelah mobil berhenti dan menepi, barulah tim yang dipimpin langsung oleh Wadirkrimum Polda Jabar, mengamankan Ferdian. Dia tidak sendiri, di dalam mobil ternyata ada tiga orang pria yang turut dalam pelarian Ferdian Pelaka.

"Dalam penangkapan tersebut tidak ada perlawanan. Lalu oleh petugas keempatnya dibawa ke Polsek Tangerang, wilayah hukum terdekat," ungkap Ipda Giyarto.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sudah Berada di Bandung

Sementara, Kapolres Metro Tangerang, Kombes Pol Sugeng, membenarkan kejadian tersebut. Meski sempat dibawa ke wilayah hukumnya untuk pendataan awal, Ferdian Pelaka dan tiga pria lainnya sudah dibawa ke Polda Jabar yang berada di Bandung.

"Penangkapan langsung dipimpin oleh Wadirkrimum (Polda Jabar), memang sempat dibawa ke Polsek Benteng (Tangerang) karena yang diamankan 4 orang, sehingga perlu bantuan borgol untuk bawa ke Bandung. Setelah itu semalam langsung dibawa ke Bandung," tuturnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.