Sukses

Masih Banyak WNI Akan Dipulangkan, Wisma Atlet dan Galang Jadi Tempat Observasi

Pemulangan WNI ini merupakan kegiatan percepatan penanganan wabah Corona.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah terus mengambil langkah untuk mengurus kepulangan para WNI yang berada di luar negeri di tengah pandemi Corona, khususnya mereka yang menjadi anak buah kapal (ABK). Terakhir, WNI dari Kapal MV Artania pulang ke Tanah Air.

Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I Laksdya TNI Yudo Margono, mengatakan akan ada lagi WNI yang dipulangkan pada Senin 27 April 2020 mendatang. Meskipun dia tak menyebutkan negara asalnya.

"Pemulangan WNI ini bukan yang terakhir. Pada Senin (27/4/2020) akan ada 349 orang WNI ABK yang akan dikembalikan ke negara Indonesia, dan berikutnya masih banyak lagi WNI yang akan dipulangkan ke Indonesia," kata Yudo dalam keterangannya, Sabtu (25/4/2020).

Menurut dia, pemulangan WNI ini merupakan kegiatan percepatan penanganan wabah Corona. Dia mengatakan, penanganan tersebut dilakukan sesuai protokol yang ditentukan oleh pemerintah.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Diobservasi

Yudo mengatakan, nantinya, ABK yang dipulangkan tersebut akan diisolasi di Wisma Atlet atau Pulau Galang. Mereka akan diobservasi selama 14 hari sesuai dengan massa inkubasi virus Corona.

"ABK yang tiba di Jakarta akan diisolasi atau observasi ke RS Darurat pasien Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran, namun jika ABK itu tiba di Pulau Batam, maka akan diisolasi atau observasi ke Rumah Sakit Galang. Kita menyesuaikan perintah dan kita siap melaksanakan membantu penanganan isolasi tersebut," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.