Sukses

8 Petugas Haji di Jatim Tertular Corona Covid-19 Saat Diklat

Terjadi lonjakan cukup signifikan jumlah pasien yang berstatus positif di Jawa Timur. Hal ini hasil tracking dari petugas haji yang mengikuti diklat beberapa waktu lalu dinyatakan positif tertular corona atau Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta - Terjadi lonjakan cukup signifikan jumlah pasien yang berstatus positif di Jawa Timur. Hal ini hasil tracking dari petugas haji yang mengikuti diklat beberapa waktu lalu dinyatakan positif tertular corona atau Covid-19.

Dari data yang dipaparkan oleh Gubernur Khofifah Indar Parawansa menyebutkan, terdapat 49 orang baru dinyatakan positif. Sehingga, total pasien berstatus positif di Jatim saat ini 152 orang.

Angka tambahan tertinggi dari Kota Surabaya, yaitu berjumlah 33 orang. Kabupaten Lamongan yang semula masih berstatus zona kuning kini masuk kategori zona merah dengan jumlah terkonfirmasi positif 10 orang.

"Delapan (orang) di antaranya hasil tracking dari petugas haji yang ikuti diklat beberapa waktu lalu," katanya, Jumat (3/4/2020).

Sementara itu 7 pasien positif baru lainnya tersebar di tiga kabupaten, yaitu Kabupaten Sidoarjo sebanyak 3 orang, Gresik 1 orang, dan Kabupaten Kediri 2 orang. Sedangkan pasien yang sudah dinyatakan terkonversi negatif corona, berjumlah 6 orang. 3 Di antaranya dari Magetan dan 3 lainnya dari Surabaya.

"Dari enam orang itu, 3 orang dari Magetan dan 3 orang dari Surabaya. Data meninggal seperti kemarin," ujarnya.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

PDP Corona Bertambah

Adapun jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) bertambah menjadi 717 orang. Sama seperti sebelumnya, angka orang dalam pemantauan (ODP) di Jatim juga meningkat tajam, yaitu sebanyak 9.435 orang.

Sementara itu, Ketua Rumpun Tracing Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Jatim, Kohar Hari Santoso, mengatakan, untuk 10 orang positif di Lamongan, enam orang di antaranya ialah petugas kesehatan haji dan dua orang petugas pembinaan haji. Mereka bagian dari ratusan peserta pelatihan calon petugas haji di Asrama Haji Surabaya awal Maret lalu.

Reporter : Erwin Yohanes

Sumber: Merdeka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.