Sukses

Cara Mengisolasi Diri di Rumah Bagi Pasien Corona Covid-19

Liputan6.com, Jakarta Juru Bicara Pemerintah untuk Penanagan Covid-19 Achmad Yurianto membagikan tips cara mengisolasi diri di rumah jika positif terpapat Corona atau Covid-19.

Protokol isolasi diri di rumah amat penting dilakukan. Hal ini supaya mereka yang positif tidak menularkannya ke anggota keluarga lain.

"Karena dengan isolasi diri yang baik kita telah memberikan jaminan bahwa tidak akan terjadi penularan yang lebih lanjut di lingkungan keluarga atau masyarakat," papar Achmad Yurianto melalui konferensi video, Sabtu (28/3/2020).

Menurut dia, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam kaitannya melakukan isolasi diri di rumah. Misalnya, mereka yang positif Corona diharapkan tetap berada di rumah.

"Tidak perlu keluar, menjauhi kerumunan, menghindari pertemuan-pertemuan yang cukup banyak. Ini menjadi salah satu upaya dalam mengisolasi diri," paparnya.

Achmad Yurianto pun meminta mereka yang mengisolasi diri untuk mengenakan masker. Di samping juga agar memperhatikan jarak kontak dengan anggota lain. Menurut Yurianto, jarak kontak yang aman adalah antara satu hingga satu setengah meter.

"Kemudian aktivitas makan menggunakan alat tersendiri dan tidak makan secara bersama-sama dengan alat yang sama, tempat dan waktu yang sama dengan keluarga lain," ujarnya.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Monitoring Diri

Di samping menjaga jarak dengan anggota keluarga yang sehat, Achmad Yurianto pun meminta mereka yang positif dan menjalankan isolasi diri di rumah untuk terus memantau kondisi tubuhnya setiap saat.

"Apabila panas, apabila semakin batuk, apabila disertai dengan sesak nafas maka segera hubungi layanan kesehatan yang terdekat," imbaunya.

Achmad Yurianto menegaskan, bagi siapapun yang memang sudah tidak bisa menjalankan isolasi diri, maka segera melakukan isolasi di rumah sakit.

"Rumah sakit di sekitar kita sudah ada yang dipersiapkan untuk menjadi rumah sakit untuk perawatan Covid-19," ucapnya.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: