Sukses

TNI AU Siap Tembus Wuhan Evakuasi WNI jika China Beri Lampu Hijau

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah warga negara Indonesia terjebak di Wuhan, China, yang tengah diisolasi karena Virus Corona. Pemerintah Indonesia, melalui TNI Angkatan Udara, telah menyiapkan pesawat dan tenaga medis untuk menjemput WNI di Wuhan

"Hasil rapat kemarin, dua hari yang lalu kita rapat dengan Kemenko Polhukam dan Kemenkes, Kemenlu juga, kita sudah siapkan pesawat Boeing 737 dan satu C130 Hercules. Kita juga siapkan personel dari batalion kesehatan," kata Kepala Dinas Penerangan Angkatan Udara (Kadispenau), Marsma TNI Fajar Adriyanto, saat dikonfirmasi, Rabu (29/1/2020).

Dia menuturkan, pihaknya baru mempersiapkan personel dan pesawat. Untuk jadwal keberangkatan ke Wuhan, semuanya masih menunggu koordinasi dan izin dari pemerintah China.

"Kita kan hanya siap saja. Nunggu dari Kemenlu bisa tembus enggak ke pemerintah sana untuk kita bisa berangkat atau tidak. Yang jelas TNI AU siap 24 jam," ungkap Fajar.

 

2 dari 3 halaman

Bisa Angkut hingga 200 Orang

Menurut Fajar, pesawat TNI AU ini bisa mengangkut sampai 200 orang. "Ada 2 Boeing dan 1 Hercules. Kalaupun harus mengangkut, sampai 100-200 orang masih mampu," jelas Fajar.

Intinya, lanjut dia, semua tergantung dari pemerintah China sendiri. Apakah mengizinkan untuk masuk dan mengevakuasi WNI yang berada di sana.

"Doakan saja pemerintah Tiongkok memberi jalan. Kalau beri jalan, kita berangkat," kata Fajar.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Imbas Wabah Corona, Harga Tiket Pesawat dan Hotel Bakal Turun 30 Persen?
Artikel Selanjutnya
Korban Meninggal Virus Corona COVID-19 Telah Lewati Angka 1.800