Sukses

Proyek Underpass Tol Cileunyi-Sumedang Ditargetkan Selesai Mei 2020

Fokus, Bandung - Pembangunan proyek underpass Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan sudah dimulai sejak 15 Januari 2020. Proyek ini ditargetkan selesai dalam waktu empat bulan atau 13 Mei 2020, bersamaan pelaksanaan arus mudik Lebaran.

Underpass ini nantinya diharapkan menjadi solusi untuk mengurai kemacetan. Terutama dari arah Bandung menuju Sumedang dan arah Garut.

"Kita harapkan sebelum lLbaran sudah selesai, sehingga nanti yang ke arah Garut bisa memakainya," ucap Kepala Pelaksana Jalan Kementerian PUPR Hari Suko Setiono, seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Senin (20/1/2020). 

Untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan selama pembangunan proyek, aparat kepolisian sudah melakukan rekayasa arus lalu lintas dengan mengalihkan kendaraan yang keluar dari gerbang Tol Purbaleunyi agar memutar arah ke Cibiru.

"Nanti ada pamflet-pamflet yang kita sebarkan, sehingga nanti masyarakat tahu jalur-jalur mana yang harus diketahui," kata Dirlantas Polda Jabar Kombes Pol Deddy Junaedy.

Selain underpass, saat ini Kementerian PUPR juga tengah mengebut penyelesaian proyek pembangunan Jalan Tol Cisundawu sepanjang 60 kilometer di jalur selatan yang nantinya terkoneksi ke ruas Tol Cipali.

Jika selesai sesuai target pada Mei 2020, maka jalur selatan akan terkoneksi dua jalan tol, yaitu Purbaleunyi dan Cisundawu, sehingga diharapkan bisa mengurai kemacetan.