Sukses

BMKG: Karangasem Bali dan Selayar Sulsel Diguncang Gempa Hari Ini

Lindu pertama pada hari ini terjadi di Kabupaten Karangasem, Provinsi Bali. Gempa tersebut terjadi pada pukul 05:13:18 WIB.

Liputan6.com, Jakarta Gempa hari ini kembali menggetarkan Indonesia. Hingga pukul 20.00 WIB, ada dua wilayah di Nusantara yang digoyang lindu. 

Informasi mengenai gempa ini dikutip dari laman resmi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) di www.bmkg.go.id, Kamis (16/1/2020).

Lindu pertama pada hari ini terjadi di Kabupaten Karangasem, Provinsi Bali. Gempa tersebut terjadi pada pukul 05:13:18 WIB.

Selain itu, gempa juga ikut menggetarkan Bantomatene, Kabupaten Selayar, Sulawesi Selatan. Gempa  terjadi pada pukul 15:35:23 WIB. Bahkan getarannya dirasakan hingga Kecamatan Benteng dan Kabupaten Bulukumba.

Berikut dua gempa yang menggetarkan Indonesia dihimpun Liputan6.com dari laman resmi BMKG:

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Gempa Karangasem

Gempa pertama terjadi Kabupaten Karangasem, Provinsi Bali. Lindu ini menggetarkan dengan kekuatan magnitudo 3,4.

Lokasi gempa berada pada titik 8,48 Lintang Selatan (LS) dan 115,69 Bujur Timur (BT). Pusat gempa berada di lautan atau sekitar 23 kilometer tenggara Karang Asem.

BMKG menyatakan, gempa dengan kedalaman 13 kilometer tersebut tidak berpotensi tsunami.

3 dari 3 halaman

Gempa Bontomatene Selayar Sulsel

Lindu kedua pada hari ini terjadi di Bontomatene, Kabupaten Selayar, Sulawesi Selatan.

Gempa terjadi pada pukul 15:35:23 WIB. Getaran gempa bahkan terasa hingga Kecamatan Benteng dan Kabupaten Bulukumba. 

Pusat gempa berada di laut atau sekitar 23 kilometer tenggara Bontomatene, Selayar. Lindu yang terjadi berkekuatan magnitudo 4,3.

Lokasi gempa berada pada titik 5,71 Lintang Selatan dan 120,61 Bujur Timur. BMKG menyatakan, gempa dengan kedalaman 10 kilometer tersebut tidak berpotensi tsunami.

 

(Winda Nelfira)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.
    Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.

    Gempa Hari Ini

  • BMKG adalah singkatan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika yang berstatus Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPN).

    BMKG

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • Gempa Karangasem