Sukses

Abdi Dalem Keraton Agung Sejagat: Saya Menyesal

Liputan6.com, Purworejo - Para pengikut Toto Susanto Hadiningrat yang mengaku sebagai raja di Keraton Agung Sejagat di Purworejo, Jawa Tengah, kini menyesal bergabung menjadi punggawa maupun abdi dalem keraton tersebut.

Eko salah satunya. Pegawai pemerintahan desa ini mengaku membayar lebih dari Rp 2 juta untuk mendapat seragam kebesaran kerajaan serta turut membantu membangun keraton selama setahun terakhir.

Begitu pun dengan Utami. Seperti ditayangkan Liputan6 Siang, Kamis (16/1/2020), suaminya yang konon dijadikan jenderal bintang tiga di Keraton Agung Sejagat juga dimintai uang Rp 1 juta untuk seragam.

Tak hanya membantu membangun keraton, Utami bahkan membantu memasak setiap keraton menggelar pertemuan. Utami dan suaminya bahkan dijanjikan sejumlah gaji bulanan yang belum pernah dibayar.

Sementara itu, menurut warga, Toto dan kelompoknya mendatangi daerah ini awal tahun 2018 dan mengaku sebagai sebuah komunitas. Namun, pada Agustus tahun 2019 kelompok tersebut mendeklarasikan diri sebagai Laskar Merah Putih.

Selang empat bulan kemudian, Toto mendeklarasikan Keraton Agung Sejagat. Acara berupa kirab tersebut menampilkan 425 pengikut.