Sukses

Suara Letusan Tembakan Warnai Penggerebekan Lokasi Penambangan Emas Liar di Bogor

Liputan6.com, Bogor - Suara letusan tembakan ke udara itu mengawali penggerebekan lokasi penambangan emas liar di kawasan Gunung Halimun Salak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat,

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Kamis (16/1/2020), ada tiga lubang tambang emas yang ditutup, yang diindikasikan sebagai penyebab terjadinya longsor.

Penggerebekan ini diduga bocor mengingat lokasi tambang yang dituju sudah ditutup warga. Selain itu, tim gabungan tidak menemukan satu pun penambang di sekitar lokasi.

"Kami akan melakukan tindakan tegas terhadap kegiatan-kegiatan, baik itu mulai dari penambangan liar, pengolahan bahan hasil tambang oleh masyarakat, termasuk nanti peredaran zat-zat kimia yang digunakan untuk kegiatan tambang tersebut," ucap Kapolres Bogor AKBP Muhamad Joni.

Tindakan ini berdasarkan intruksi Presiden Jokowi beberapa waktu lalu, saat mengunjungi lokasi bencana longsor di tiga kecamatan di wilayah Kabupaten Bogor, yakni Kecamatan Nanggung, Sukajaya serta Cigudeg.

Jokowi memerintahkan kepolisian dan TNI menutup lubang tambang emas yang dikelola warga tanpa izin. Karena salah satu penyebab terjadinya longsor adalah maraknya penambangan liar.