Sukses

Giliran Mahfud Md Tinjau Keamanan di Laut Natuna

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud Md meninjau situasi pengamanan di laut Natuna, Kepulauan Riau, Rabu (15/1/2020). Mahfud datang dengan menumpangi KRI Semarang-594 yang ditambatkan di Faslabuh TNI AL Selat Lampa.

Mahfud datang ke Natuna dengan ditemani Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo, Pangkogabwilhan I Laksmana Madya TNI Yudo Margono, dan beberapa pejabat kementerian dan lembaga terkait.

Dalam kesempatan itu, Mahfud menuturkan bahwa instruksi Presiden Joko Widodo atau Jokowi adalah meningkatkan patroli di perairan Natuna. Kedatangannya ke Natuna salah satunya untuk memastikan instruksi Jokowi terlaksana dengan baik.

Sebagai bukti, di atas KRI Semarang, Mahfud sempat menyaksikan para kapal-kapal yang bertugas di sana dan secara simbolik memberikan penghormatan. Selain itu, Mahfud juga menyaksikan fly pass pesawat F-16 milik TNI AU.

"Instruksi presiden, supaya volume patroli ditingkatkan. Tadi saudara melihat secara simbolis kesiapan patroli," kata Mahfud di perairan Natuna, Kepulauan Riau, Rabu (15/1/2020).

Selain itu, Mahfud dan rombongan juga melakukan rapat koordinasi terbatas secara tertutup di atas KRI Semarang. Menurutnya rapat tersebut membahas peran pemerintah pusat dan pemerintah daerah serta lembaga terkait untuk mengelola Natuna.

"Bukan hanya melakukan (peningkatan) volume patroli, tetapi mengisi kegiatan pemanfaatan sumber daya Natuna," ucapnya.

2 dari 3 halaman

Jokowi Tinjau Natuna

Presiden Joko Widodo atau Jokowi lebih dulu berkunjung ke Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau pada Rabu (8/1/2020). Kunjungan Jokowi tersebut dilakukan pascakapal coast guard milik China berlayar di laut Natuna.

Berdasarkan keterangan resmi dari Biro Pers, Media, dan Sekretariat Presiden, Jokowi beserta rombongan lepas landas dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta, sekitar pukul 07.35 WIB. Jokowi menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1.

Setibanya di Pangkalan TNI AU Raden Sadjad, Kabupaten Natuna, mantan Gubernur DKI Jakarta itu akan langsung menuju Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu (SKPT) Selat Lampa. Di sana, dia direncanakan bertemu meninjau jajar kapal dan bertemu dengan ratusan nelayan.

Kemudian, Jokowi menuju Kantor Bupati Kabupaten Natuna untuk menyerahkan sertifikat hak atas tanah untuk rakyat. Usai acara, Kepala Negara akan menuju Pangkalan TNI AU Raden Sadjad untuk kemudian lepas landas kembali ke Jakarta.

Dalam kunjungan kali ini, Jokowi didampingi Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arifin Tasrif, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, hingga Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. Ada pula Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Wakil Kepala BPN Surya Tjandra.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: