Sukses

Uji Coba Bandara Ngloram di Blora Usai Renovasi

Fokus, Blora - Uji coba pendaratan pesawat King Air di Bandara Ngloram, Kabupaten Blora, Jawa Tengah berlangsung lancar. Kegiatan ini merupakan prosedur sebelum membuka operasional bandara.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Senin (13/1/2020), Bandara Ngloram selama 39 tahun mangkrak karena pembangunan pada 1980 tidak dilanjutkan.

Sejak 2019, pembangunan Bandara Ngloram mulai dilanjutkan dengan prioritas renovasi landasan pacu sepanjang 1.200 meter. Landasan tersebut kini bisa dilalui pesawat carter ATR 72.

"Alhamdulillah kami sudah mendarat di Bandar Udara Ngloram ini karena memang salah satu prosedur untuk bisa didarati adalah melakukan test flight, ini adalah salah satu bagian dari test flight kami," ujar Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub Polana Banguningsih Pramesti.

"Setelah ini tahapannya nanti kita koordinasikan lagi, sebelum dibukanya komersil mungkin bisa untuk (pesawat) carter sudah bisa didarati, tapi untuk pesawat carter," kata Wakil Bupati Blora Arief Rohman.

Tahun ini, pembangunan dilanjutkan dengan memperluas landasan pacu menjadi 2.600 meter serta pembangunan terminal. Rencananya, Bandara Ngloram pada 2021 bisa digunakan untuk penerbangan komersil.