Sukses

Sedang Direnovasi, Masjid Istiqlal Tetap Sediakan Parkir Bagi Jemaat Misa Natal

Liputan6.com, Jakarta - Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, Masjid Istiqlal yang berada di seberang Gereja Katedral kembali menyediakan lahan khusus untuk parkir para jemaat Gereja Katedral yang hendak melaksanakan misa Natal.

Namun berbeda dengan perayaan Natal tahun sebelumnya. Di tahun ini Masjid Istiqlal sedang melakukan banyak pembangunan. Tempat yang biasa digunakan untuk parkir para jamaat misa Natal, tahun ini tak dapat digunakan karena pembangunan tersebut.

"Biasanya untuk parkir perayaan Natal Katedral itu, sekarang lagi dibongkar semua ya. Itu untuk proyek lagi dibikin dua lantai ke bawah untuk parkir juga. Tapi memang sedang dikerjakan dan ditutup," ujar Muhammad Nandari selaku Petugas Keamanan Istiqlal, Rabu (25/13/2019).

Meski demikian, pihak Istiqlal masih menyediakan tempat parkir bagi para jemaat yang ingin memarkirkan kendaraannya di area masjid tersebut.

"Untuk parkir pada prinsipnya Istiqlal menyediakan, dipersilahkan. Saya sendiri kemarin sudah di panggil Wakabid bahwa ketua kita ini mendukung sekali untuk tempat yang masih bisa dipakai ya dipakai lah," terang Nandari.

Walaupun tak dapat menyediakan lahan secara khusus, pihak Istiqlal meminta para jemaat bersedia berbagi parkir dengan umat muslim yang akan melaksanakan ibadah sholat di sana.

"Jadi selama itu masih bisa silakan saja, tidak ada nggak boleh atau tidak ada disediakan enggak," katanya.

Nandori menjelaskan bahwa pihaknya sudah menyediakan lahan parkir sejak 24 Desember 2019. Namun saat itu, kata dia hanyaada tiga hingga empat jemaat Gereja Katedral yang parkir di area Istiqlal.

"Dan saya sebagai satpam berkoordinasi dengan pihak parkir sudah disediakan kemaren, mulainya kan jam 15.00 WIB sampai 24.00 WIB kita tungguin untuk siapa saja yang mau merayakan natal silahkan parkir," tambahnya.

Hingga pelaksanaan misa Rabu sore, Nandori menjelaskan belum menerima jemaat Gereja Katedral yang hendak parkir di lahan Istiqlal. Pasalnya area parkir jadi sedikit lebih jauh dari biasanya.

"Tadi dari pagi jam 05.00 WIB sudah stand by sampai sekarang ya monggo silahkan. Ketua sudah memberikan info ke kita, harus diarahkan, dilayani dengan baik dan kalau masih ada tungguin sampai selesai begitu pimpinan saya," ujar dia.

Sebelumya Humas Gereja Katedral Susyana menuturkan bahwa bagi para jemaat yang ingin beribadah dapat memarkirkan kendaraan di tiga titik yang telah disediakan, yaitu Kantor Pos Logistik Indonesia, Sekolah Menengah Pertama Santa Ursula, dan Masjid Istiqlal.

 

(Winda Nelfira)

Loading
Artikel Selanjutnya
Hari Istiqlal: Menunggu Tampilan Baru Masjid Usai Renovasi
Artikel Selanjutnya
Hari Istiqlal: Friedrich Silaban, Anak Pendeta Perancang Masjid Merdeka