Sukses

Jokowi Minta Pertamina Selesaikan Proyek Kilang Minyak

Liputan6.com, Tuban - Presiden Joko Widodo atau Jokowi bersama Ibu Negara Iriana Jokowi mengunjungi PT Trans Pacific Petrochemical Indotama (TPPI) di Tuban, Jawa Timur, Sabtu kemarin.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Minggu (22/12/2019), dalam kunjungan ini Jokowi meminta Pertamina menyelesaikan pusat industri Petrokimia yang terintegrasi dengan kilang minyak ini dalam waktu 3 tahun.

Jika kilang ini sudah produksi secara maksimal, menurut Jokowi bisa menghemat devisa negara sekitar 4,9 miliar USD atau 56 triliun.

"Setiap tahun kita impor, padahal kita sudah buat sendiri tapi kita tidak lakukan. Ini sudah sering saya sampaikan," ujar Jokowi. 

Dirut Pertamina Nicke Widyawati menyatakan saat ini Pertamina tengah menyelesaikan masalah pengadaan lahan. Ada dua pilihan untuk menyelesaikan masalah ini.

"Kami masih memerlukan tambahan lahan. Ini ada dua opsi, apakah lahan yang milik warga ini kami lanjutkan atau reklamasi, karena kami sudah mendapatkan izin reklamasi dari menteri perhubungan," kata Nicke. 

Kilang baru di Tuban memiliki kapasitas produksi 300 ribu barrel per hari. Dengan adanya kilang ini diharapkan bisa menekan impor Petrokimia sebagai bahan baku industri.