Sukses

Menteri PPPA: Didiklah Anak Sesuai Norma Agama

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Menteri PPPA), I Gusti Ayu Bintang Darmavati mengatakan, karakter anak amat tergantung dengan pengasuhan yang dilakukan oleh orangtuanya. Baik buruknya anak, menurut Gusti Ayu ditentukan oleh didikan sang orangtua.

Hal ini dikatakan Gusti Ayu saat ditanya mengenai cara mendidik anak dalam keluarga oleh salah satu peserta dalam diskusi kesetaraan gender di RPTRA Rasela, Koja, Jakarta Utara.

Gusti Ayu pun mengimbau para peserta diskusi untuk tidak membentak anak. Karena menurut dia, meskipun dianggap biasa, membentak anak akan meninggalkan efek psikologis yang cukup berat dan persisten.

Ketimbang membentak, Gusti Ayu lebih menyarankan kepada orangtua untuk memberikan stimulasi sentuhan kepada anak.

"Dengan sangat sederhana dengan istilahnya 'CUP' Ciuman, Usap, Peluk itu akan berdampak luar biasa kepada anak kita," kata dia di lokasi, Selasa (17/12/2019).

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Mendidik Berdasarkan Agama

Dia juga menyarankan kepada keluarga untuk mendidik anak berdasarkan nilai-nilai agama.

"Didiklah anak dengan norma-norma agama. Dan kedepanpun kita setuju dengan Pak Ustadz, kita kedepan bukan hanya melahirkan anak-anak yang cerdas saja. Tapi bagaimana yang berkualitas," ungkap dia.

Menurut Gusti Ayu anak yang berkualitas adalah anak yang cerdas, mandiri, kreatif, serta sehat mental dan spiritual.

"Itu yang kita harapkan ke depan untuk anak-anak di Indonesia," ucap Menteri PPPA.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS