Sukses

Kapolri Idham Azis Lantik 5 Kapolda Baru

Kapolri Idham Azis melantik lima kapolda baru di Gedung Bareskrim Polri, Senin (16/12/2019).

Liputan6.com, Jakarta - Kapolri Idham Azis melantik sejumlah perwira tinggi Polri di Gedung Bareskrim Polri, Senin (16/12/2019). Di antara mereka yang dilantik, ada beberapa kapolda baru.

Irjen Ahmad Dofiri meninggalkan jabatannya sebagai Kapolda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan dilantik menjadi Aslog Kapolri menggantikan Irjen Asep Suhendra. Sedangkan Asep Suhendra menggantikan Dofiri menduduki jabatan sebagai Kapolda DIY.

Kemudian ada Agus Adrianto yang meninggalkan posisi Kapolda Sumatera Utara Irjen dan yang diangkat sebagai Kabaharkam Polri menggantikan Komjen Firli. Kapolda Sumatera Utara kini dijabat oleh Irjen Martuani Sormin.

Lalu ada Kapolda Papua Barat Brigjen Herry Rudolf Nahak yang dipindahkan untuk menempati posisi sebagai Asops Kapolri. Kapolda Papua Barat pun kini dijabat oleh Polri Brigjen Tornagogo Sihombing.

Sertijab yang mengacu pada Surat Telegram bernomor ST/3229/XII/KEP./2019 tertanggal 6 Desember 2019 itu, juga memuat pemutasian Irjen Fakhrizal yang sebelumnya merupakan Kapolda Sumatera Barat menjadi Analis Kebijakan Bidang Utama Sabhara Baharkam Polri.

Kapolda Sumatera Barat kini dijabat oleh Irjen Toni Harmanto yang sebelumnya menjabat sebagai Widyaswara Utama Sespim Lemdiklat Polri.

Selain itu, Irjen Lukman Wahyu Hariyanto yang sebelumnya menjabat Kapolda Sulawesi Tengah, dirotasi untuk menduduki posisi sebagai Analis Kebijakan Utama Bidang Sabhara Baharkam Polri. Dengan demikian, Kapolda Sulawesi Tengah digantikan oleh mantan Kasespimma Sespim Lemdiklat Polri, Irjen Syafril Nursal.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kabareskrim Baru

Kapolri Jenderal Idham Azis juga resmi melantik Irjen Listyo Sigit sebagai Kabareskrim baru pengganti dirinya.

Listyo resmi dilantik pada pukul 08.00 WIB di Gedung Bareskrim Mabes Polri, Senin (16/12/2019).

Selain melantik Kabareskrim, acara serah terima jabatan atau sertijab itu juga melantik mantan Kabarhakam Komjen Firli Bahuri sebagai Analis Kebijakan Utama Baharkam Polri.

Listyo merupakan mantan Ajudan Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Sementara Firli sebelumnya baru saja dilantik sebagai Kabaharkam.

Di hadapan Idham Azis, Firli dan Listyo serta beberapa perwira tinggi Polri lain membacakan sumpah jabatan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.