Sukses

PPSDM Geominerba Bekali Siswa SMK Dengan Ilmu Industri Pertambangan

Siswa SMK diberi pengetahuan tentang sektor pertambangan.

Liputan6.com, Jakarta Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Geologi, Mineral, dan Batubara (PPSDM Geominerba) kembali 'mencari' bibit baru di sektor pertambangan. Setelah beberapa kali menyasar mahasiswa, kali ini PPSDM Geominerba menggelar pendidikan dan pelatihan (diklat) khusus untuk siswa SMK.

Meski pelatihan tak langsung berkaitan dengan operasional pertambangan yang berat, namun PPSDM Geominerba berharap agar diklat ini dapat berguna bagi siswa. Terutama mereka yang bercita-cita untuk berkembangan di sektor pertambangan.

Setelah Kalimantan Timur, diklat PPSDM Geominerba digelar di SMK Assalam Samarang Garut. Kepala Sekolah SMK Assalam, Asep Rahman, didampingi pengajar dari PPSDM Geominerba, Basuki Rachmat membuka acara Pelatihan Keselamatan dan Kesehatan Kerja serta Lingkungan Hidup Pertambangan (K3LH).

 

Pelatihan yang berlangsung selama sehari itu, diikuti sekitar 40 siswa. Mereka yang mengikuti diklat itu pun berasal dari berbagai jurusan, antara lain Geologi Pertambangan, Administrasi Perkantoran, Teknik Kendaraan Ringan, dan Rekayasa Perangkat Lunak.

Dengan adanya diklat ini, PPSDM Geominerba juga berharap agar para siswa dapat bertambah pengetahuan sektor pertambangan. Mereka juga diharapkan dapat memahami dengan baik mengenai kondisi atau risiko industri pertambangan.

Jika dikemudian hari, ada para siswa yang berminat di sektor pertambahan ini, wawasan mereka bukan sekadar dibekali, tapi juga dapat menjadi pekerja tambang yang lebih berkompeten.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini