Sukses

Dino Patti Djalal Membuka Konferensi Kebijakan Luar Negeri yang Dihadiri 10 Ribu Peserta

Fokus, Jakarta - Konferensi Kebijakan Luar Negeri Indonesia atau Conference Indonesian Foreign Policy kembali digelar di Jakarta.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Minggu (1/12/2019), kegiatan ini juga merupakan festival diplomasi yang menyediakan titik pertemuan bagi para menteri, pejabat pemerintah, duta besar, diplomat, pakar, politisi dan seluruh lapisan masyarakat.

Konferensi yang diikuti oleh 10.000 peserta ini dibuka oleh founder Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI) Dino Patti Djalal dan dihadiri oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan perwakilan dari negara negara sahabat.

"Bagaimana merespon suatu kondisi yang dimana tidak ada perang dingin, tapi juga tidak ada perdamaian yang murni, masih penuh gejolak, rivalitas, ketegangan, dan konflik," kata Dino Patti Djalal. 

"Yang akan memiliki peran ke depan lebih banyak seharusnya tetap melakukan demokrasi, menghormati hak asasi manusia, dan menghormati hukum internasional," ucap Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi.

Dalam konferensi ini, digelar 17 sesi paralel yang membahas berbagai isu dengan pembicara dari berbagai negara. Selain itu, juga ditampilkan pameran dari negara-negara sahabat, seperti Australia, Kanada, Uni Eropa, dan Tiongkok.