Sukses

Bertemu JK, Anies Baswedan Usul Masjid Apung Ancol Jadi Ikon Wisata Unik

Anies mengatakan, pembangunan mengenai Masjid Apung Ancol akan menghadirkan wisata yang memberikan pengalaman unik di tempat baru itu.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat bertemu dengan Ketua Dewan Masjid Indonesia Jusuf Kalla (JK), membicarakan Masjid Apung Ancol menjadi ikon masjid unik.

Anies mengatakan, pembangunan mengenai Masjid Apung Ancol akan menghadirkan wisata yang memberikan pengalaman unik di tempat baru itu.

"Pak JK, kita bersyukur karena apa yang kita bicarakan panjang lebar untuk kawasan Ancol menjadi kawasan di mana wisata bisa multi aspek, termasuk di dalamnya wisata cultural di mana ada pengalaman baru masyarakat yang hadir," ujar Anies di Jakarta, seperti dikutip dari Antara, Sabtu (9/11/2019).

"Bukan hanya hiburan keluarga bersenang-senang, tapi ada ikon masjid unik saat mereka berjalan di Ancol," ujar Anies melanjutkan.

Anies mengatakan Masjid Apung nantinya tidak hanya sekedar menjadi ikon masjid masa kini, namun dapat menjadi ikon masjid di beberapa dekade mendatang seperti halnya Masjid Luar Batang, Sunda Kelapa.

"Kita berkeinginan ada fenomena alam yang dirasakan yang mengunjungi masjid ini, pososinya di atas permukaan air laut, dengan hamparan langit terbuka. Ini unik karena tidak ada masjid yang di pinggir laut Jakarta," ujar Anies Baswedan.

JK menanggapi positif pembangunan Masjid Apung tersebut di kawasan Ancol. Sebab, selama ini Ancol seringkali diasosiasikan sebagai kawasan hiburan, yang minim tempat ibadah nyaman bagi pengunjungnya.

"Dulu Ancol asosiasinya ke hiburan karena sudah menjadi tempat kumpul keluarga, orang tak punya batas waktu. Sehingga waktu salat, dia (Ancol) ramai," ujar JK.

"Makanya, butuh tempat ibadah yang dapat memenuhi kebutuhan agama secara sah," ujar JK melanjutkan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mulai Digunakan 2020

Masjid Apung direncanakan dapat digunakan untuk khalayak umum pada Desember 2020.

Sebelum menemui JK, Anies datang ke acara pencanangan tiang pertama Masjid Apung dengan bersepeda, kemudian disambut oleh Direktur Utama PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk Teuku Sahir Syahali dan Wali Kota Jakarta Utara Sigit Widjatmoko.

Tak lama kemudian, JK tiba dengan pengawalan pasukan pengamanan presiden (paspampres) dan disambut saat turun mobil oleh Anies. Pertemuan antara JK dan Anies berlangsung hangat.

Sebelum meresmikan pencanangan tiang pertama Masjid Apung Ancol, Anies dan JK menyaksikan latar belakang pembangunan masjid dan desain eksterior masjid yang terinspirasi kapal Phinisi oleh arsitek Andra Matin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.