Sukses

Krisdayanti, Mulan Jameela hingga Primus Yustisio, Deretan Artis di DPR

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 575 anggota DPR berikut DPD dan MPR periode 2019-2024 sudah resmi dilantik dan diangkat sumpahnya oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Acara pelantikan para anggota DPR, MPR, dan DPD ini berlangsung di Gedung Parlemen Senayan, Jakarta pada Selasa 1 Oktober 2019 lalu.

Wajah-wajah anggota DPR pun bertambah. Ada beberapa artis Ibu Kota yang kini banting setir menjajal kursi anggota dewan.

Salah satu yang marak diperbincangkan adalah Krisdayanti atau KD. Krisdayanti merupakan seorang diva penyanyi. Kini, ia menjadi salah satu anggota dewan yang terpilih dari PDI Perjuangan.

Meski begitu, ada pula artis-artis yang kembali terpilih menjadi anggota dewan. Contohnya adalah Desy Ratnasari dan Eko Patrio.

Berikut jejeran nama artis yang jadi anggota DPR dihimpun Liputan6.com:

 

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp10 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

2 dari 8 halaman

Eko Patrio, Desy Ratnasari, Primus Yustisio

Baik Eko Patrio, Desy Ratnasari, dan Primus Yustisio merupakan jejeran artis yang bukan merupakan wajah baru jadi anggota DPR. Ketiganya pernah juga menjabat pada periode 2014-2019. Semuanya berasal dari PAN.

Eko Hendro Purnomo atau yang kerap disapa Eko Patrio adalah pelawak yang menjadi anggotan dewan selama dua periode dari Parta Amanat Nasional (PAN). Pada 2009 menjadi tahun pertama ia terjun dalam dunia politik.

Pada tahun itu Eko menjadi calon legislatif nomor urut satu dari PAN untuk Dapil Jawa Timur VIII. Lalu pada 2014 ia pun mencalonkan kembali menjadi anggota legislatif di Dapil yang sama sebelumnya dan lolos menjadi wakil rakyat di Senayan untuk periode 2014-2019. Kini pun ia juga terpilih kembali untuk menjadi anggota DPR RI untuk periode 2019-2024.

Kemudian, Hj Desy Ratnasari, M.Psi.,M.Si atau lebih dikenal dengan Desy Ratnasari adalah selebriti kawakan yang kini berkarier di dunia politik. Sebagai seorang selebriti, Desy Ratnasari telah banyak perankan sinetron, film hingga menjadi presenter.

Sejak 2014 Desy Ratnasari sudah terpilih menjadi anggota DPR RI periode 2014-2019 dari PAN. Pada periode mendatang pun Desy Ratnasari juga terpilih kembali menjadi anggota dewan di Senayan.

Selain itu, Primus Yustisio selebriti kenamaan yang dahulu pernah menjadi sosok superhero, yaitu saat membintangi Panji Manusia Millenium.

Kini setelah terjun ke dunia politik menjadi bagian dari PAN, Primus nampak sudah jarang terlihat di layar kaca. Primus Yustisio sendiri kini menjadi anggota dewan ketiga kalinya sejak 2009, yaitu dari periode 2009-2014, 2014-2019, dan 2019-2024 mendatang.

 

3 dari 8 halaman

Rieke Diah Pitaloka dan Nico Siahaan

Nama Rieke Diah Pitaloka dan Nico Siahaan juga tak asing lagi di Kompleks Parlemen Senayan. Kedua artis ini kembali terpilih menjadi anggota DPR dari PDI Perjuangan.

Rieke Diah Pitaloka mulai aktif menjadi seorang politisi manakala ia menjadi seorang anggota DPR Periode 2009-2014 dari partai PDI-P untuk Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Barat II.

Selanjutnya dalam karier politiknya, Rieke Diah Pitaloka terpilih kembali menjadi anggota DPR RI periode 2014-2019 dalam dapil lain yaitu Dapil Jawa Barat VII.

Kali ini, Rieke telah tiga kali terpilih kembali menjadi anggota DPR yang kini masuk dalam periode 2019-2024 yang baru saja dilantik.

Senada, Junico Bisuk Partahi Siahaan atau lebih populer disapa Nico Siahaan adalah presenter televisi terkenal Indonesia. Sebagai seorang presenter, Nico Siahaan dikenal saat membawa sebuah acara kuis yang membuatnya banyak dikenal masyarakat.

Pada 2014, Nico Siahaan yang diusung PDI-P menjadi anggota DPR RI Dapil Jawa Barat I dengan perolehan suara 64.980 suara. Kini pada periode mendatang ia pun juga terpilih kembali dan menjadi anggota dewan di Senayan.

 

4 dari 8 halaman

Mulan Jameela

Berbeda dengan para pendahulunya, Mulan Jameela menjadi wajah baru yang kini hadir menjadi anggota dewan di Senayan.

Melalui surat keputusan yang dikeluarkan Komisi Pemilihan Umum bernomor 1341/PL.01.9-Kpt/06/KPU/IX/2019 pada 16 September 2019, Mulan Jameela ditetapkan sebagai anggota DPR RI. Diusung partai Gerindra, Mulan Jameela mewakili Dapil Jawa Barat XI.

Mulan Jameela menggantikan dua rekannya, Ervin Luthfi dan Fahrul Rozi. Mulan Jameela berhasil menjadi anggota DPR RI usai memenangkan gugatan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

 

5 dari 8 halaman

Krisdayanti

Sama seperti rekannya sesama penyanyi, Krisdayanti juga terpilih menjadi anggota legislatif setelah berhasil mengumpulkan sebanyak 132.131 suara.

Dengan diusung oleh PDI Perjuangan, Krisdayanti mewakili Daerah Pemilihan atau Dapil Jawa Timur V. Dapil ini meliputi Kota Batu, Malang dan Kotamadya Malang.

 

6 dari 8 halaman

Tommy Kurniawan

Diusung Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Tommy Kurniawan berhasil menjadi anggota DPR RI periode 2019-2024. Informasi tersebut diketahui dari unggahan Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar di Instagram.

Terdaftar dalam Pemilu 2019 dengan nomor urut satu, Tommy Kurniawan berhasil memperoleh sebanyak 33.988 suara. Ia terpilih mewakili Dapil Jawa Barat V.

Sebelum resmi mengemban tugas sebagai anggota dewan, Tommy terlebih dahulu mengikuti sejumlah pembekalan. Pria 35 tahun ini pernah mengikuti acara orientasi dan pemantapan nilai-nilai kebangsaan pada Agustus 2019 lalu.

 

7 dari 8 halaman

Farhan

Presenter sekaligus aktor Muhammad Farhan atau akrab disapa Farhan juga berhasil menjadi anggota DPR RI periode 2019-2024.

Diusung Partai Nasdem, Farhan mewakili Dapil Jawa Barat I meliputi Kota Bandung dan Kota Cimahi dengan total suara 52.033.

Dalam akun Instagram, Farhan kerap mengunggah kegiatan sosial dan politik yang menjadi bagian dari kesibukannya saat ini. Beberapa informasi terkait politik juga tak lupa ia bagikan pada pengikutnya.

Sebelumnya, Farhan pernah berencana mencalonkan diri dalam Pemilihan Wali Kota Bandung pada 2018 bersama PDI Perjuangan. Namun dirinya gagal mencalonkan diri dalam pemilihan tersebut.

8 dari 8 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading