Sukses

Survei Parameter Politik: 41,0 Persen Publik Anggap Kinerja Jokowi Baik

Liputan6.com, Jakarta - Lembaga survei Parameter Politik merilis hasil surveinya yang membahas tentang evaluasi umum kinerja Presiden Jokowi selama lima tahun kepimpinannya.

Dalam surveinya, Parameter Politik menemukan bahwa di mata publik kinerja Jokowi dalam kabinet pertamanya dianggap cukup baik. Namun dianggap belum maksimal.

Hal itu dilihat dari hasil survei mereka yang menunjukkan 41,0 persen publik menganggap kinerja Jokowi baik.

"Yang menganggap buruk sebanyak 23,3 persen, 33,4 persen menganggap bisa saja, dan 2,3 persen memilih untuk tidak menjawab," papar Direktur Eksekutif Parameter Politik Adi Prayitno di kawasan Pancoran, Jakarta, Kamis (17/9/10/2019).

Survei ini berangkat dari pertanyaan, "Menurut anda, bagaimana kinerja Presiden Jokowi saat ini, sangat baik, baik, biasa saja, buruk, atau sangat buruk?". Kata Adi, populasi survei adalah warga negara Indonesia yang telah memiliki hak pilihsesuai undang-undang yang berlaku.

"Sampel sebanyak 1.000 responden. Diambil dengan menggunakan metode stratified multistage random sampling. Dengan margin of error sebesar kurang lebih 3,1 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen," paparnya.

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

2 dari 2 halaman

Metode Survei

Survei ini dilakukan pada 5 hingga 12 Oktober lalu. Ia menyebutkan bahwa pengumpulan data dilakukan dengan metode face to face interview atau bertatap muka menggunakan kuisioner yang dilakukan oleh surveyor terlatih.

"Quality control dilakukan mulai tahap pemilihan dan pelatihan SDM yang berkualitas hingga Spot Check sebanyak 20 persen data," Adi mengakhiri.

Loading
Artikel Selanjutnya
Jokowi Minta Perbaikan Proses Rekrutmen CPNS 2019
Artikel Selanjutnya
Masalah Defisit BPJS Kesehatan Juga Tanggung Jawab Kementerian/Lembaga Lain