Sukses

Masih Ada Asa untuk Kembali ke Wamena

Mereka yang telah bertahun-tahun mencari penghidupan di sana, mengaku masih ingin kembali guna melanjutkan roda perekonomian.

Liputan6.com, Jakarta - Tidak ada mengira 23 September 2019 menjadi catatan berdarah di Wamena. Data Kementerian Kesehatan menyebutkan 31 orang menjadi korban jiwa. Aksi anarkistis menyebabkan Wamena bak kota mati untuk sementara waktu. 4 ribu orang yang bertempat tinggal di sana terpaksa mengungsi sampai batas waktu yang belum ditentukan.

Namun tetap ada asa di balik dampak tragedi tersebut. Mereka yang telah bertahun-tahun mencari penghidupan di sana, mengaku masih ingin kembali guna melanjutkan roda perekonomian.

Chandra Kei contohnya. Pemuda asal Maluku ini mengaku telah menghidupi keluarga kecilnya dengan bekerja secara serabutan di Wamena.

"Apa saja yang penting halal," kata dia saat berbincang di Posko Pengungsian Wamenda di Jayapura, Rabu (2/10/2019).

Namun keinginannya tersebut ternyata tidak lebih besar dari trauma yang dia dan sang istri rasakan saat tragedi kelam tersebut terjadi.

"Saya akan kembali jika sudah kondusif, pasti," ujar dia.

Senada dengan itu, warga lainnya Ruslan asal Makassar, juga berharap demikian. Namun satu syarat utamanya adalah bagaimana meyakini dirinya dan juga keluarganya aman dan terjamin tidak akan ada kerusuhan seperti sebelumnya.

"Ya saya ingin kembali lagi, tapi paling penting pengawalan keamanannya, agar kami terlindungi," ujar dia.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Polri Jamin Jaga Keamanan

Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpaw menjanjikan bahwa keamanan telah dikondisikan agar Wamena segera kembali normal. Penambahan pasukan dikerahkan, lewat tim gabungan TNI-Polri.

"Pengamanan pasti kita optimalkan, kami menjamin kemanan dan kekuatan kami akan kami pertebal pemerintah dalam hal ini pak gubernur, beliau data dengan pak Pangdam beliau mejamin," kata Paulus di Sentani, Jayapura, Selasa 1 Oktober 2019.

Meski telah menjamin, Irjen Paulus mengamini jika rasa trauma mendalam masih dirasakan para warga yang saat ini tengah mengungsi, khususnya di Kota Jayapura lebih memilih pulang kampung sejenak ketimbang segera kembali ke Wamena. Namun dia berharap hal itu tidak terlalu lama dan bisa segera beraktivitas kembali seperti sediakala di Wamena.

"Jadi mudah-mudahan dalam waktu cepat mereka yang mungkin kembali ke kampung halaman kita berharap sesegera mungkin, jadi sebentar saja dan kembali usaha lagi dan bekerja dan anak-anaknya sekolah bisa dilanjut lagi di Wamena ini," tandas Paulus membuka harap.

 

3 dari 3 halaman

Petuah dari Tokoh Agama

Salah satu pemuka agama di Papua, Ketua Majelis Ulama Papua KH Syaiful Alpayage mengatakan, keharmonisan hidup berdampingan antara siapa pun yang tinggal di Bumi Cendrawasih sudah terpupuk dari dulu hingga sekarang.

Karenanya, adanya hoaks dan isu rasisme sangat disayangkan bisa membelah antar sesama mahluk sosial dengan aksi anarkistis yang terjadi di Papua. Dia pun mengimbau kepada siapa pun untuk saling bertabayun jika ada hal-hil yang memunculkan disintegrasi.

"Masyarakat Papua punya kewajiban menjaga keamanan keteritbabsn tanah yang kita cintai, mari kita menyambut dan betul menjaga kemanan dan ketertiban baik itu dari WhatsApp, Facebook, dimanapun kita harus tabayun klarifikasi apakah berita ini benar atau tidak sehingga kita tak termakan hoaks agar persatuan keamanan bisa terjaga," Syaiful menyudahi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.