Sukses

Penghormatan Terakhir untuk BJ Habibie

Komandan upacara memberikan penghormatan terakhir kepada jenazah BJ Habibie diiringi dengan suara tembakan salvo oleh pasukan TNI.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden ke-3 RI Bacharuddin Jusuf Habibie atau BJ Habibie dimakamkan di Taman Pemakaman Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (12/9/2019) pukul 13.30 WIB.

Pemakaman secara militer ini dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi selaku inspektur upacara.

Upacara pemakaman dilakukan secara militer. Sekitar pukul 13.58 WIB, jenazah BJ Habibie diturunkan ke dalam liang lahat. Tampak kedua putranya Ilham Habibie dan Thareq Kemal Habibie turun ke dalam liang lahad menurunkan jenazah sang ayah.

Komandan upacara memberikan penghormatan terakhir kepada jenazah BJ Habibie diiringi dengan suara tembakan salvo oleh pasukan TNI.

Selanjutnya, keluarga besar diberikan kesempatan untuk menaburkan bunga ke dalam liang lahad diiringi lagu gugur bunga. Presiden Jokowi kemudian memimpin penimbunan liang lahad BJ Habibie.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dimakamkan di Samping Pusara Ainun

Makam BJ Habibie sendiri menempati kavling 120. Sang istri yang lebih dulu wafat berada di kavling 121, atau tepat di sebelah kanannya. Sementara Ani Yudhoyono berada di kavling 129 tepat berada di depan makam BJ Habibie.

Sementara di sebelah kanannya, terdapat makam mantan Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional, Widjojo Nitisastro.

Kemudian di belakang makam BJ Habibie ada makam Wakil Presiden ke-4 RI H Umar Wirahadikusumah dan Pahlawan Nasional Abdul Haris Nasution atau AH Nasution.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.