Sukses

Area Sekitar Makam BJ Habibie Mulai Steril

Liputan6.com, Jakarta - Area sekitar liang lahad untuk mendiang BJ Habibie mulai disterilkan dari masyarakat yang ingin melayat dan menyaksikan langsung prosesi pemakaman Presiden ketiga RI itu.

Area yang sudah diisi dengan kursi untuk keluarga dan kerabat dibatasi oleh garis polisi. Menurut petugas, hal tersebut merupakan permintaan dari keluarga besar BJ Habibie.

Sementara itu, pasukan gabungan yang terdiri dari TNI, Polri, dan Paspampres mulai berbaris rapi di sisi kiri pusara almarhum BJ Habibie. Pantauan Liputan6.com, pasukan gabungan sedang melakukan gladi resik.

Sementara itu, di area luar TMP Kalibata sudah terpasang metal detector. Setiap masyarakat yang ingin menyaksikan prosesi pemakaman secara langsung harus melewati pemeriksaan ketat oleh Paspampres.

Sementara, lalu lintas tepat di depan TMP Kalibata belum dilakukan penutupan.

Rencananya, BJ Habibie dimakamkan pada pukul 13.30 WIB. Prosesi upacara pemakaman sendiri akan dipimpin oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

 

2 dari 3 halaman

Bersebelahan dengan Ainun

Makam BJ Habibie sendiri menempati kavling 120. Sang istri yang lebih dulu wafat berada di kavling 121, atau tepat di sebelah kanannya. Sementara Ani Yudhoyono berada di kavling 129 tepat berada di depan makam BJ Habibie.

Sementara di sebelah kanannya, terdapat makam mantan Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional, Widjojo Nitisastro.

Kemudian di belakang makam BJ Habibie ada makam Wakil Presiden ke-4 RI H Umar Wirahadikusumah dan Pahlawan Nasional Abdul Haris Nasution (AH Nasution).

Sebelum diberangkatkan ke TMP Kalibata, jenazah BJ Habibie terlebih dahulu diserahkan ke pemerintah melalui upacara di rumah duka Jalan Patra Kuningan XIII/3 Jakarta Selatan pukul 12.30 WIB.

Kemudian, jenazah akan diberangkatkan pukul 13.00 WIB dari rumah duka menuju TMP Kalibata.

"13.30 prosesi upacara pemakaman jenazah di TMP Kalibata," kata Sekretaris Pribadi BJ Habibie, Rubijanto, dalam keterangannya, Kamis (12/9/2019).

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Wacana Nama Bandara BJ Habibie, Ridwan Kamil: Masih Dengar Masukan Masyarakat
Artikel Selanjutnya
Mengenal Sosok BJ Habibie dan Ainun dari Tangan Kanannya