Sukses

Transjakarta Ingin Perluas Trayek ke Seluruh Jabodetabek

Syafrin mengatakan, saat ini Transjakarta sudah beroperasi di sebagian wilayah Jabodetabek, namun belum secara menyeluruh.

Liputan6.com, Jakarta - Transjakarta berencana memperluas trayeknya hingga ke seluruh wilayah di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek). Wacana tersebut diamini Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo.

Syafrin mengatakan, saat ini Transjakarta sudah beroperasi di sebagian wilayah Jabodetabek, namun belum secara menyeluruh.

"Tentu (targetnya) seluruhnya Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi menjadi layanan Transjakarta," kata Syafrin saat berdiskusi di Balai Kota DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Senin (19/8/2019).

Namun begitu, Syafrin menyampaikan ada beberapa kendala yang dihadapi untuk mewujudkan rencana perluasan trayek bus Transjakarta di Jabodetabek. Salah satunya terkait koordinasi dengan pihak-pihak di wilayah administratif Jabodetabek.

"Kemudian bagaimana angkutan umum eksisten itu tidak resisten terhadap pelayanan yang kita support. Karena sering beberapa daerah pengalamannya kan ada wilayah yang konflik dengan angkutan kota setempat seolah-olah itu menjadi rebutan paksa," ungkapnya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tujuan Awal

Syafrin juga menyampaikan, tujuan awal dari rencana ini ialah demi merangsang migrasi pengguna kendaraan pribadi ke angkutan publik.

"Apalagi (bila) langsung di kompleks perumahannya, mereka (akan) menggunakan angkutan itu sehingga seharusnya tidak menjadi konflik dengan angkutan setempat," papar Syafrin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.