Sukses

Jokowi Minta Parpol Ajukan Profesional Muda Jadi Kandidat Menteri

Presiden terpilih Joko Widodo atau Jokowi menyatakan keseriusannya untuk menjadikan anak-anak muda Indonesia sebagai menteri di kabinet barunya.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden terpilih Joko Widodo atau Jokowi menyatakan keseriusannya untuk menjadikan anak-anak muda Indonesia sebagai menteri di kabinet barunya.

Dia ingin kabinet periode 2019-2024 nanti tak hanya diisi kalangan partai politik saja, namun juga dari profesional muda.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengaku telah meminta Ketum parpol pengusungnya untuk mengajukan sejumlah nama untuk dijadikan menteri. Jokowi berharap nama-nama yang disodorkan, juga terdiri dari kalangan muda professional.

"Saya minta dari partai juga ada yang muda, ada dari profesional juga," kata Jokowi di JCC Jakarta Pusat, Jumat (12/7/2019).

Jokowi menyebut akan mencari sendiri generasi muda berbakat untuk dijadikan menteri, apabila nantinya tak ada nama kalangan muda yang diajukan oleh para ketum parpol. Dia meyakini banyak generasi muda yang berpotensi untuk menduduki kursi menteri di kabinet selanjutnya.

"Kalau enggak ada dari partai kita cari sendiri dari profesional. Profesional muda kan banyak banget profesional-profesional muda," jelas Jokowi.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Komposisi Kandidat Menteri

Mantan Walikota Solo itu menuturkan komposisi kabinetnya tak jauh berbeda dengan saat ini. Yang jelas, lanjut Jokowi, kabinet diisi imbang oleh kalangan parpol dan profesional.

"Ya kira kira 60:40 atau 50:50 kira-kira itu," tuturnya.

Jokowi juga mengatakan akan ada beberapa menteri saat ini yang akan kembali menjabat di periode kedua kepemimpinannya. Jokowi berjanji akan mengumunkan nama menteri periode 2019-2024 secepatnya

"Secepatnya (diumumkan)," ucap Jokowi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.