Sukses

Anies Kunjungi Korban Kebakaran di Kampung Bandan

Anies belum bisa memastikan apakah warga yang terdampak akan direlokasi atau diberikan bangunan baru.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau lokasi kebakaran di Kampung Bandan, Ancol, Jakarta Utara. Anies menyatakan pemerintah DKI Jakarta akan segera mendata semua korban yang terdampak kebakaran.

Berdasarkan pantauan, Anies terlihat mengenakan kemeja warna krem dan bertopi dinas. Anies sempat berdialog dengan beberapa warga di posko pengungsian yang berada di RT 11/RW5, Ancol, Pademangan tersebut.

"Sekarang kita memastikan api sepenuhnya padam. Kemudian warga tinggal di shelter tanpa ada gangguan dari hujan dan panas, sambil nanti kita bersihkan tempat ini dan ditata ulang nantinya," ujar Anies di lokasi, Minggu (12/5/2019).

Namun Anies belum bisa memastikan apakah warga yang terdampak akan direlokasi atau diberikan bangunan baru. Anies menyatakan akan berkoordinasi dengan PT KAI. Lokasi kebakaran sendiri persis di dekat Stasiun Kampung Bandan.

"Jadi nanti kita akan berbicara, mungkin Senin atau Selasa kita akan berbicara dengan PT KAI yang secara resmi memiliki banyak lahan di tempat ini  untuk melihat secara detail situasi dan rencana ke depannya," kata Mantan Menteri Pendidikan dan kebudayaan (Mendikbud) itu.

Anies mengatakan, pihaknya akan lebih dulu berkoordinasi dengan PT KAI, barulah dia akan menentukan langkah yang tepat untuk para korban bencana kebakaran Kampung Bandan.

Terkait dengan kerugian akibat kebakaran, Anies mengaku belum mengetahui detailnya. Namun menurut Anies, banyak dari warga yang kehilangan semua harta akibat rumahnya dilalap si jago merah.

"Bagi masyarakat di sini ini kerugian luar biasa, karena habis (harta) mereka, (yang tersisa) tinggal (yang ada) di badan. (Mereka) meninggalkan tempat tanpa bawa apa-apa, tinggal bawa badan, jadi mereka semua akan mulai dari nol," kata Anies.

"Jadi kita pemerintah akan membantu meringankan beban mereka dengan memudahkan hal-hal apa yang bisa kita lakukan akan kita kerjakan untuk mereka di sini," kata Anies.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Periksa 4 Saksi

Sebelumnya, kebakaran terjadi permukiman padat penduduk di Kampung Bandan, Pademangan, Jakarta Utara, pada Sabtu, 11 Mei 2019. Dalam proses pemadaman, dua orang pemadam sempat dibawa ke rumah sakit karena mengalami sesak napas saat berjuang memadamkan api. 

Polisi masih melakukan pengusutan terkait penyebab kebakaran di Kampung Bandan, Jakarta Utara. Polisi telah melakukan olah tempat kejadian perkara. Hingga kini, total ada 4 orang saksi yang diperiksa.

"Saksi yang sudah kita mintai keterangan ada empat orang," kata Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Budhi Herdi Susianto saat ditemui di lokasi kebakaran, Minggu (12/5/2019) seperti dilansir Antara.

Meski demikian, dia belum mengetahui apa penyebab kebakaran di Kampung Bandan tersebut, karena proses penyelidikan yang masih berjalan. 

"Untuk penyebab (kebakaran) masih dalam proses penyelidikan. Kami sudah memasang garis polisi, hari ini rencananya kita akan melakukan olah TKP bersama Puslabfor," kata Budhi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.