Sukses

Video Amatir Rekam Luncuran Awan Panas Merapi Mengalir ke Sungai Gendol

Fokus, Klaten - Sedikitnya lima kali luncuran awan panas terjadi dari puncak Gunung Merapi, Senin pagi tadi. Dalam rekaman video amatir tampak luncuran awan panas mengalir sepanjang 1 kilometer menuju alur kali Sungai Gendol.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Senin (18/2/2019), Kabid Kedaruratan dan LogistikBadan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Klaten Yuwono Haris Yuliyanto menyatakan luncuran awan panas Gunung Merapi ini masih aman.

Sementara itu, di wilayah Klaten belum dilaporkan terjadinya hujan abu. Namun, warga diminta tidak panik dan mematuhi rekomendasi dari pemerintah untuk tidak beraktivitas di radius 3 kilometer dari kawah. 

Luncuran awan panas Merapi juga tampak dari Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Bupati Sleman Sri Purnomo meminta masyarakat tetap tenang dan tidak panik karena kondisi merapi dianggap masih aman.

Terlebih Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta menyatakan belum akan menaikkan status aktivitas merapi dari waspada menjadi siaga. (Muhammad Gustirha Yunas)