Sukses

Nias Selatan dan Lombok Utara Digoyang Gempa Hari Ini

Gempa menggoyang beberapa wilayah di Indonesia dalam waktu dan kekuatan yang berbeda-beda.

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia kembali diguncang gempa hari ini. Lindu menggoyang beberapa wilayah di Indonesia dalam waktu dan kekuatan yang berbeda-beda.

Getaran gempa ini diketahui dari situs resmi milik Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) www.bmkg.go.id pada Selasa (5/2/2019).

Wilayah pertama yang diguncang gempa adalah Nias Selatan, Sumatera Utara pada pukul 02.29 WIB. Gempa tersebut bermagnitudo 6,1 dengan kedalaman 11 kilometer.

Lokasi gempa terdapat pada titik -0,46 Lintang Selatan-97,98 Bujur Timur. Sedangkan titik gempa berada pada 130 kilometer tenggara Nias Selatan.

Selain itu, lindu juga mengguncang wilayah Lombok Utara pada pukul 16.41 WIB. Pusat gempa berada di darat 16 kilometer tenggara Lombok Utara.

Kekuatan gempa bermagnitudo 3 dengan kedalaman 10 kilometer. Lokasi gempa berada pada 8,46 Lintang Selatan-116,4 Bujur Timur.

BMKG menyatakan, gempa ini tidak berpotensi menimbulkan tsunami. BMKG pun juga akan terus memantau gempa dan bencana lain yang terjadi di Indonesia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.
    Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.

    Gempa Hari Ini

  • BMKG adalah singkatan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika yang berstatus Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPN).

    BMKG

  • Gempa Bumi