Sukses

Lumba-Lumba yang Tersesat Dievakuasi dari Sungai Kualuh Labuhan Batu

Fokus, Labuhan Batu - Pencarian petugas Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Utara terhadap satu ekor lumba-lumba yang tersesat di Sungai Kualuh, Labuhan Batu, membuahkan hasil. Lumba-lumba itu kemudian dievakuasi untuk diperiksa dan dikembalikan ke habitat aslinya.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Jumat (1/2/2019), kondisi lumba-lumba punggung bongkok itu dalam keadaan lemah saat ditemukan. Hal ini terjadi karena lumba-lumba itu tidak mendapat makanan selama tersesat di sungai sejak empat hari lalu.

Oleh petugas, mamalia itu laut langsung dibawa ke Tanjung Balai untuk diperiksa dan selanjutnya dikembalikan ke habitat aslinya.

“Jadi, untuk sementara kita sudah selesai evakuasi. Kita gunakan jaring untuk menangkap,” ujar Babinsa Kuala Beringin Sertu James Togatorop.

Sebelumnya pada Rabu petang, 2 Januari 2019, satu ekor lumba-lumba tersesat, sementara lainnya ditemukan mati di aliran Sungai Kualuh Hulu.

Bangkai lumba-lumba ditemukan warga 2 kilometer dari lokasi munculnya lumba-lumba di Desa Kuala Beringin. Bangkai mamalia itu lalu dievakuasi dan dibawa ke BKSDA. (Karlina Sintia Dewi)