Sukses

Siswa SMA di Purwakarta Ciptakan Robot Pencegah Kecelakaan Lalu Lintas

Liputan6SCTV, Purwakarta - Pelajar SMA Negeri 1 Cibatu, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, berhasil menciptakan sebuah robot halang rintang dengan sistem sensor untuk menghindari benturan atau tabrakan dengan obyek di depannya. Robot halang rintang tersebut dinilai bisa mengurangi kecelakaan lalu lintas.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Rabu (9/1/2019), robot halang rintang hasil karya para pelajar SMA Negeri 1 Cibatu, Kabupaten Purwakarta itu mampu bergerak tanpa membentur obyek yang ada di depannya, karena memiliki sensor otomatis dengan sistem penghantar gelombang.

Sekolah membuka lebar peluang untuk pelajarnya agar selalu berinovasi, khususnya terkait teknologi. Para pelajar mencoba menciptakan jenis robot avoider wall follower atau robot halang rintang. Robot tersebut bisa mengurangi kecelakaan lalu lintas, karena bila di depan ada benda, robot bisa berhenti serta dapat menghindar tabrakan.

Karya anak SMA yang ada di pelosok Purwakarta, perbatasan dengan Subang tersebut telah masuk dalam 10 besar, dari 42 peserta tingkat SLTA se-Jawa Barat, pada ajang Lomba Robot Avoider, yang diselenggarakan sebuah perusahaan besar di tahun 2018 lalu.

Sementara pihak sekolah sangat berharap agar siswanya bisa terus berinovasi di bidang teknologi, sehingga saat menghadapi persaingan industri kerja yang umumnya sudah menggunakan sistem robotik, para pelajar pun nanti sudah siap bersaing di dunia kerja. (Galuh Garmabrata)