Sukses

Demokrat Sebut Ada Tekanan Turunkan Atribut Partai di Riau

Hinca menyampaikan sebelum SBY tiba di Pekanbaru, jumlah baliho dan bendera partainya yang terpasang di sejumlah tempat cukup banyak, termasuk di jalan-jalan protokol.

Liputan6.com, Jakarta - DPP Partai Demokrat menyebut ada tekanan yang didapatkan pengurus Demokrat Provinsi Riau untuk menurunkan atribut partai sebelum peristiwa perusakan Baliho Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan bendera Partai Demokrat pada Sabtu, 15 Desember 2018 lalu.

Tekanan itu didapatkan sebelum SBY tiba di Pekanbaru akhir pekan lalu.

"Sebelum SBY tiba di Pekanbaru, sudah ada permintaan atau tekanan kepada Partai Demokrat Riau untuk turunkan atribut Demokrat," ujar Sekjen DPP Partai Demokrat  Hinca Panjaitan di Jalan Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (18/12/2018) malam.

Hinca menyampaikan sebelum SBY tiba di Pekanbaru, jumlah baliho dan bendera partainya yang terpasang di sejumlah tempat cukup banyak, termasuk di jalan-jalan protokol.

"Karena memang kunjungan sudah lama dipersiapkan," ujar dia.

Berbagai atribut partai yang terpasang itu tak ada yang bernuansa kampanye Pemilu. Menurutnya jumlah atribut Partai Demokrat yang terpasang juga lebih sedikit jika dibandingkan dengan baliho pasangan capres cawapres nomor urut 01, Jokowi-Ma'ruf dan partai pengusungnya. 

Hinca mengatakan bendera Demokrat termasuk Golkar yang dipasang di median jalan juga diturunkan. Pihaknya pun mengaku tak mempersoalkan.

Namun kemudian terjadi perusakan, penyobekan dan penghilangan baliho SBY dan bendera Demokrat sejumlah ratusan pada 15 Desember dini hari.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

SBY Terjun ke Lokasi

Jumlah atribut yang dirusak dan bahkan sebagian dibuang di parit juga cukup banyak, mencapai ratusan. Setelah mengetahui hal itu, dia dan pimpinan DPD Demokrat Riau menuju lokasi perusakan.

"Oleh Satgas Rajawali, salah satu pelakunya tertangkap dan dimintai keterangan. Subuhnya Partai Demokrat mengadukan hal ini ke Polres Pekanbaru," kata dia.

SBY kemudian mendatangi lokasi perusakan dan pembuangan atribut. Tujuannya agar tidak salah memahami situasi yang sebenarnya.

Kemudian semua bukti atribut yang rusak, patah, sobek dan dibuang ke selokan diabadikan sebagai bukti.

"SBY mengeluarkan instruksi untuk menurunkan atribut Demokrat yang tersisa, khususnya di jalan-jalan protokol. Daripada dirusak dan dihilangkan pihak tertentu karena itu adalah simbol dan kehormatan partai," papar dia. 

Reporter: Hari Ariyanti

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.