Sukses

Begini Cara Korban Selamat dari Penembakan KKB Papua

Dua orang pekerja masih belum diketahui rimbanya.

Liputan6.com, Jakarta - Empat pekerja PT Istaka Karya berhasil lolos dari pembantaian Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua. Kapendam XVII/Cendrawasih Kolonel Inf Muhammad Aidi menuturkan, mereka berpura-pura mati saat diberondong tembakan.

"Sebagian pekerja tertembak mati di tempat, sebagian lagi pura-pura mati terkapar di tanah," tutur Aidi dalam keterangannya, Rabu (5/12/2018).

Penembakan para pekerja proyek Trans Papua itu dilakukan KKB di sekitaran Bukit Puncak Kabo pada Minggu, 2 Desember 2018. Mereka digiring dengan tangan terikat dan berjalan jongkok menuju lokasi pembantaian tersebut.

"Dalam suasana kegirangan menari-nari sambil meneriakkan suara hutan khas pedalaman Papua, mereka secara sadis menembaki para pekerja," jelas dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Terpergok KKB

Saat KKB meninggalkan para korban dan melanjutkan perjalanan, 11 pekerja yang berpura-pura mati berupaya mengambil kesempatan untuk melarikan diri. Namun, usaha itu terlihat oleh pasukan KKB.

"Lima orang tertangkap dan digorok oleh KKB meninggal di tempat, enam orang berhasil melarikan diri ke arah Mbuah, dua orang di antaranya belum ditemukan, sedangkan empat orang selamat setelah diamankan oleh anggota TNI di Pos Yonif 755/Yalet di Mbua," Aidi menandaskan.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.