Sukses

Gelontorkan Dana Rp 150 Miliar, Pengerjaan Revitalisasi Monas Tunggu Hasil Sayembara

Anies Baswedan menilai meskipun kawasan Monas sangat luas, akan tetapi pemanfaatannya belum dilakukan secara optimal. Seperti halnya kegiatan yang terpusat ketika akhir pekan saja.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan pihaknya tengah mempersiapkan sayembara untuk penataan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat. Pemprov DKI Jakarta bakal menggelontorkan dana Rp 150 milliar untuk revitalisasi Monas.

Dia menyebut usai penyelesaian sayembara untuk Monas, pengerjaan revitalisasi segera dimulai.

"Nanti kita tunjukkan gambarnya saja rencana revitalisasinya. Sebetulnya, dari revitalisasi itu akan lebih komperhensif lagi, sekarang sedang disiapkan sayembara untuk penataan Monas," kata Anies di Bundaran Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (4/12/2018).

Dia menilai meskipun kawasan Monas sangat luas, akan tetapi pemanfaatannya belum dilakukan secara optimal. Seperti halnya kegiatan yang terpusat ketika akhir pekan saja.

"Sekarang pemanfaatannya terbatas pada hari Sabtu dan Minggu, dan kegiatannya terbatas Monas jadi seperti lapangan besar tapi aktivitas di situ sangat minim. Kemudian didalamnya juga (ada) diorama, kemudian lain-lain harus segera diupdate," papar Anies Baswedan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dilengkapi Audio Visual

Untuk revitalisasi Monas ini, nantinya pada bagian diorama akan diberikan fasilitas audio visual. Karena hal itu, Anies mengharapkan pengunjung mengetahui mengetahui tentang diorama tersebut secara detail.

"Itu bagian orang bisa lihat tuh, dulu orang bikin diorama bisa begini, sekarang sudah bisa 3D. Sekarang sudah dengan kacamata, orang bisa merasakan pengalaman audio visual lengkap. Kalau mau bikin diorama, sekarang sudah bisa imajinasi muncul seperti reality nanti itu bagian dari revitalisasi," jelas Anies.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Anies Baswedan menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia ke-29 pernah menjadi rektor termuda se-Indonesia
    Anies Baswedan pernah menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia ke-29 pernah menjadi rektor termuda se-Indonesia

    Anies Baswedan

  • Monumen ini lebih dikenal orang dengan singkatannya, Monas.
    Monumen ini lebih dikenal orang dengan singkatannya, Monas.

    Monas