Sukses

3 Cerita Paspampres Kawal Kaesang Si Putra Bungsu Jokowi

Kaesang Pangarep banyak memiliki kegiatan yang bersifat pribadi. Di saat itu dia meminta untuk tidak dikawal Paspampres supaya bisa leluasa.

Liputan6.com, Jakarta - Joko Widodo atau Jokowi mendapat pengawalan dari Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) setiap saat sejak ditetapkan sebagai Presiden ke-7 RI. Pengawalan juga melekat kepada anggota keluarganya, yaitu sang istri Iriana Jokowi dan ketiga anaknya, Gibran Rakabuming Raka, Kahiyang Ayu, dan Kaesang Pangarep.

Dengan demikian, si bungsu, Kaesang Pangarep harus dikawal Paspampres setiap saat.

Para Paspampres harus menjamin keamanan dan keselamatan keluarga presiden. Mereka mesti terus berada di samping Kaesang, walaupun kadang putra Jokowi itu tak ingin dikawal.

Berikut cerita para Paspampres saat menjaga Kaesang:

1. Sembunyi-sembunyi saat Kaesang jalan-jalan pribadi

Sebagai anak muda, Kaesang Pangarep banyak memiliki kegiatan yang bersifat pribadi. Di saat itu dia meminta untuk tidak dikawal Paspampres supaya bisa leluasa.

Namun ternyata, Paspampres tetap mengikuti meski sudah diwanti-wanti oleh putra bungsu Presiden Jokowi itu. Salah satu anggota Paspampres, Angling Darmo bercerita pernah ketahuan saat membuntuti Kaesang jalan-jalan pribadi.

Kaesang Pangarep bahkan memotretnya dan menanyakan apa yang dilakukan Angling.

"Meskipun Mas Kaesang mau jalan-jalan pribadi pergi ke suatu tempat tapi kami pasti ada di belakang, meskipun Mas Kaesang tahu. Saya pernah ketahuan, waktu itu di Solo dia bilang 'mas aku mau keluar'. Saya sembunyi-sembunyi ikutin, kebetulan Mas Kaesangnya moto, 'ngapain mas?'" cerita Darmo beberapa waktu lalu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Cek Lokasi

Pengawal Kaesang Pangarep, Angling Darmo mengatakan setiap putra Presiden Jokowi tersebut ada kegiatan di luar kota, para Paspampres cek wilayah terlebih dulu. Hal ini untuk memastikan apakah lokasi yang akan didatangi Kaesang itu layak atau tidak.

Menurutnya, terkadang Kaesang menolak cara yang dilakukan Paspampres tersebut. Namun untuk keamanan hal itu harus dilaksanakan.

"Mengawal putra RI 1 tentu ada prosedur pengawalan. Sebelum kita sampai di lokasi itu tentunya ada wilayah untuk mengkoordinasikan apakah itu sudah layak apa belum. Tapi kadang-kadang beliau tidak berkenan, tapi mau enggak mau pengamanan harus dilaksanakan," kata Angling Darmo.

3 dari 3 halaman

3. Kaesang Dinilai Sederhana

Sebagai anak presiden, sosok Kaesang sangat sederhana. Padahal dia bisa saja meminta fasilitas istimewa untuk kesehariannya. Namun hal itu tidak dilakukannya, Kaesang tidak memanfaatkan posisi sang ayah sebagai orang nomor 1 di negeri ini.

"Beliau adalah putra presiden tetapi tidak menggunakan embel-embel seperti itu. Dia seperti orang biasa. Itu lah yang saya kagumi," kata anggota Paspampres, Yulianto.

 

Reporter : Desi Aditia Ningrum

Sumber: Merdeka.com

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.