Sukses

Gempa Magnitudo 5,2 Guncang Lebak Banten, BMKG: Belum Ada Laporan Kerusakan

Liputan6.com, Banten - Gempa berkekuatan magnitudo 5,2 mengguncang kawasan Lebak, Banten, Minggu (14/10/2018) dini hari. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak Kaprawi mengaku belum mendapat laporan adanya kerusakan akibat gempa tersebut. 

"Kami berharap gempa itu tidak menimbulkan kerusakan," kata Kaprawi saat dihubungi di Lebak, Banten.

Berdasarkan data Badan Meteorologi Klimatalogi dan Geofisik (BMKG) pusat gempa berada di 9,00 Lintang Selatan, 105,26 Bujur Timur atau tepatnya berada di 292 kilometer Barat Daya Lebak, Banten. Gempa dengan kedalaman 10 kilometer dinyatakan BMKG tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

"Kami hingga kini belum menerima laporan dari relawan kecamatan yang bertugas di wilayah selatan adanya kerusakan rumah warga maupun infrastruktur lainnya," kata Kaprawi seperti dilansir dari Antara. 

Menurut Kaprawi, selama ini, masyarakat pesisir selatan yang lokasinya berdekatan dengan pusat gempa tidak panik karena getarannya tidak begitu besar.

"Kehidupan masyarakat relatif normal dan tidak menimbulkan kepanikan dan ketakutan, kata dia.

2 dari 2 halaman

Tetap Waspada

Gempa dirasakan lemah sehingga tidak menimbulkan kerusakan maupun korban jiwa. Namun demikian, dia meminta masyarakat pesisir selatan tetap waspada sehubungan wilayah Perairan Samudera Hindia terdapat patahan gempa.

"Kami minta masyarakat tetap tenang dan tidak panik menghadapi gempa itu," Kaprawi menandaskan.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: