Sukses

Kebakaran di Hutan Gunung Sumbing, 541 Pendaki Berhasil Dievakuasi

Tercatat sebanyak 541 orang melakukan pendakian di Gunung Sumbing dan mereka berada di tiga basecamp pendakian.

Liputan6.com, Jakarta - Ratusan pendaki dipastikan telah dievakuasi dari hutan Gunung Sumbing setelah kawasan tersebut terbakar pada Senin petang, 10 september lalu.

Berdasarkan pendataan yang dilakukan BPBD Kabupaten Magelang hingga Selasa sore kemarin, 11 September 2018, 541 pendaki berhasil dievakuasi dengan selamat dari hutan Gunung Sumbing.

"Hutan yang terbakar tersebut berada di petak 2 Magelang atau Pos 4 pendakian Kaliangkrik, yakni masuk wilayah administratif Desa Butuh, Mangli dan Prampelan," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang, Edy Susanto, seperti dilansir Antara, Rabu (12/9/2018).

Ia mengatakan, dari 541 pendaki yang telah dievakuasi sebanyak 516 orang sudah berada di basecamp dan 25 orang lainnya berada di Pos 1 jalur pendakian Butuh.

Menurut Edy, pada Senin (10/9) tercatat sebanyak 541 orang melakukan pendakian di Gunung Sumbing dan mereka berada di tiga basecamp pendakian, yakni basecamp Adipuro sebanyak 74 orang, basecamp Mangli 53 orang, dan Basecamp Butuh 414 orang.

Edy menuturkan, sebanyak 127 pendaki Guung Sumbing sudah dievakuasi dan berada di basecamp Mangli dan Basecamp Adipuro. Kemudian 389 pendaki sudah sampai di basecamp Butuh dan 25 orang lainnya sudah berada di Pos 1 jalur pendakian Butuh.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tim Penyelamat

Upaya penyelamatan para pendaki itu, ucap Edy, dilakukan oleh satu tim terdiri atas lima orang sejak Senin (10/9) malam.

Ia menyampaikan, kebakaran yang terjadi di petak 2 Bagian Kesatuan pemangku Hutan (BKPH) Magelang merupakan rembetan api yang berasal dari kebakaran petak 20 Resort Pemangku Hutan (RPH) Kecepit, BKPH Temanggung dan masuk administratif Desa Glapansari, Kecamatan Bulu, Kabupaten Temanggung.

Pada Senin malam, api telah merembet ke hutan yang masuk wilayah Kaliangkrik Kabupaten Magelang.

Untuk pemadaman api yang membakar hutan Gunung Sumbing di wilayah Kabupaten Magelang, sementara ditangani langsung dari Perhutani KPH Kedu Utara dan relawan dari Temanggung. Selain itu, juga dilakukan oleh tim gabungan BPBD, Satpol PP dan Damkar, PMI, basecamp pendakian dan relawan gabungan.

Reporter: Lia Harahap

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.