Sukses

BMKG: Lombok Digoyang 22 Gempa Susulan hingga Dini Hari

Dia menambahkan, kekuatan gempa tersebut lebih kecil dari gempa sebelumnya. Namun sebagian kecil getaran itu masih dirasakan warga.

Liputan6.com, Jakarta - Usai gempa 7 SR yang terjadi pada Minggu 19 Agustus 2018 pukul 21.56 WIB, Lombok masih diguncang lindu susulan. Bahkan gempa susulan itu tercatat mencapai puluhan.

BMKG sebelumnya menyebut kekuatan gempa Lombok pada Minggu malam adalah 7 SR. Namun berdasar analisis yang dilakukan BMKG, gempa itu dimutakhirkan menjadi 6,9 SR.

"Hingga tanggal 20 Agustus 2018 pukul 01.25 Wita, hasil monitoring BMKG menunjukkan telah terjadi 22 aktivitas gempa susulan (aftershock)," kata Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati dalam jumpa pers di Jakarta, Senin dinihari, (20/8/2018).

Dia menambahkan, kekuatan gempa tersebut lebih kecil dari gempa sebelumnya. Namun sebagian kecil getaran itu masih dirasakan warga.

"Di antara 3 gempa susulan itu dirasakan warga," ucap Dwikorita.

Dia menegaskan, kembali 6,9 SR yang terjadi pada Minggu malam merupakan aktivitas baru. Dan bukan gempa susulan.

"Gempa Lombok yang terjadi merupakan aktivitas gempa baru yang berbedadari gempa berkekutan 7 SR yang terjadi pada 5 Agustus 2018," kata Dwikorita.

"Hasil analisis mekanisme sumber gempabumi ini menunjukkan gempa ini dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan naik (thrust fault)," imbuh dia.

 

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.