Sukses

PDIP Akan Beri Kejutan saat Daftarkan Bakal Caleg Hari Ini

Liputan6.com, Jakarta - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) berencana mendaftarkan bakal calon legislatifnya (caleg) pada hari ini, Selasa 17 Juli 2018. Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menyebut partainya akan membuat kejutan untuk masyarakat saat pendaftaran tersebut.

"PDIP menilai bahwa Sistem Pencalonan (SILON) KPU mampu memberikan kemudahan di dalam pendaftaran. Daftar caleg memuat informasi strategis terkait dengan konsepsi dan strategi Partai di dalam menjalankan fungsi rekrutmen dan kaderisasi kepemimpinan. Karena itulah sebagian data terkait dengan para tokoh nasional tersebut. Kami input pada saat akhir, agar element of surprise-nya semakin kuat," ucap Hasto, dalam keterangannya, Senin 16 Juli 2018.

Dia menuturkan, ada beberapa tokoh penting, dari kalangan akademisi banyak guru besar yang bergabung di PDIP. Demikian halnya tokoh nasional dengan pengalaman luas di bidang politik, hukum, kebudayaan, tokoh antikorupsi, dan mereka yang memiliki basis kuat di pemilih.

"Mereka menjadi satu kesatuan kekuatan gotong royong Partai," jelas Hasto.

Untuk memperkuat itu, masih kata dia, dari Minggu 15 Juli sampai Senin ini mengadakan pembekalan bagi seluruh bacaleg DPR RI. Peserta dibagi menjadi tiga kelas, dan acara bersifat tertutup mengingat efek kejutan yang akan diambil oleh Partai sebagai bagian dari strategi komunikasi politik Partai untuk mencalonkan putra-putri bangsa yang memiliki komitmen tinggi terhadap Pancasila, NKRI dan kebhinekaan Indonesia.

"Mereka telah kami profile melalui psikotes secara online sehingga mapping atas leadership, personality, elan juang, dan karakter pribadinya kami dapatkan secara lengkap. Psikotes ini penting mengingat yang kami cari adalah sosok pemimpin ideologis yang merakyat," tukas Hasto.

Dia menuturkan, PDIP memberikan pembekalan singkat agar bakal caleg semakin memahami kebijakan ideologis yang diperjuangkan Partai.

"Dan pada akhirnya seluruh caleg nantinya akan dilatih khusus dalam Sekolah Partai. Di dalam pembekalan tersebut, semua wajib menjalankan perintah Ketua Umum Partai, Ibu Megawati Soekarnoputri, untuk menjadikan pileg dan pilpres satu nafas. Artinya PDIP dan Pak Jokowi wajib dimenangkan," pungkasnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bawa Spirit Angka 17

PDIP akan mendaftarkan bakal caleg pada hari ini, Selasa 17 Juli 2018. Sekjen PDIP, Hasto mengatakan, partainya bakal memberi kejutan untuk masyarakat. 

Selain mendaftarkan tokoh yang sudah dikenal masyarakat dan ahli dalam bidangnya, PDIP juga mengaku sengaja mengangkat semangat dari angka 17.

"Pendaftaran calon akan dilakukan dengan mengambil spirit angka 17, yakni pada hari Selasa, 17 Juli 2018 jam 13.30 WIB," kata Hasto.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.