Sukses

PDIP: Dukungan PKB untuk Jokowi Modal Bangun Pemerintahan yang Kuat

Dukungan disampaikan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin saat menemani Jokowi meninjau lokasi venue Asian Games di Palembang, Sumatera Selatan.

Liputan6.com, Jakarta - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) akhirnya menyatakan dukungan kepada Presiden Joko Widodo atau Jokowi di Pilpres 2019. Dukungan tersebut disampaikan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin saat menemani Jokowi meninjau lokasi venue Asian Games di Palembang, Sumatera Selatan.

PDIP sebagai partai yang menaungi Jokowi menyambut dukungan itu dengan tangan terbuka.

"Mas Muhaimin Iskandar mengambil keputusan pada momentum yang tepat. Bergabungnya PKB tersebut senapas dengan upaya membentuk pemerintahan yang kuat dan efektif ke depan," ucap Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto dalam keterangannya, Sabtu (14/7/2018).

Dukungan PKB, lanjut Hasto, juga semakin menunjukkan kepiawaian Jokowi merangkul kekuatan nasional bangsa. Dengan bergabungnya PKB, maka langkah persiapan parpol pengusung Jokowi segera dilakukan.

"Kami segera melangkah cepat dengan menggunakan momentum dukungan PKB yang selama ini kami tunggu," ungkap Hasto.

Kini Jokowi punya modal berharga untuk melenggang di Pemilihan Presiden 2019. Sudah ada modal 65.2 persen kursi bagi Jokowi.

"Ini modal politik penting bagi efektivitas pemerintahan ke depan," ujar Hasto.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mega Ajak Cak Imin Bergabung

Dia menegaskan, dukungan PKB melalui pernyataan Cak Imin tersebut sejalan dengan pertemuan dengan Ketua Umum PDIP Ibu Megawati Soekarnoputri pada Selasa 10 Juli 2018.

"Dalam pertemuan itu, Ibu Megawati memang menanyakan kepada Mas Muhaimin Iskandar agar segera bergabung. Apalagi sambil bersenda gurau, Ibu berulang kali menyebut toh Cak Imin ini sudah seperti keluarga sendiri dan sudah semakin terkenal," tegas Hasto.

Meski demikian, dia mengatakan, partainya terus menjalin komunikasi dan koordinasi. Agar semakin mengukuhkan kepemimpinan Jokowi.

Saksikan video pilihan di bawah ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.