Sukses

Lintasan Bersih Abu Vulkanik Merapi, Bandara Ahmad Yani Kembali Dibuka

Dian mengatakan setelah bandara dibuka kembali, aktifitas penerbangan kembali normal dan tak ada penumpukan penumpang.

Liputan6.com, Jakarta Operasional Bandara Ahmad Yani Semarang kembali normal setelah sempat ditutup pada Jumat 1 Juni 2018. Penutupan bandara tersebut dilakukan karena abu Gunung Merapi menutupi lintasan runway pesawat.

Dian PS, General Manager and Section Head PT AP I Bandara A Yani, mengatakan, awalnya penutupan bandara dilakukan pada pukul 15.30 WIB hingga 18.30 WIB. Namun, penutupan tersebut bertambah selama satu jam, dan baru dibuka kembali pada 19.30 WIB.

"Ternyata butuh waktu lebih lama, tambahan sekitar satu jam sebelum runway dinyatakan aman untuk penerbangan," ujar Dian seperti dikutip Merdeka.com, Sabtu (2/6/2018).

Dian mengatakan setelah bandara dibuka kembali, aktifitas penerbangan kembali normal dan tak ada penumpukan penumpang.

"Setelah dibuka pada Jumat malam itu, operasional sudah normal. Sabtu pagi ini sudah lancar semua, penerbangan sudah biasa lagi. Tidak ada penumpukan penumpang," paparnya.

"Soal penutupan bandara karena abu vulkanik kan itu semata keselamatan penumpang. Jadi yang utama itu adalah keselamatan," kata Dian.

Sebelumnya, Corporate Secretary PT Angkasa Pura I, Israwadi mengatakan penutupan bandara tersebut berdasar pada penerbitan NOTAM B3949/18 dan B3951/18. Ada 12 penerbangan yang ditunda dari Bandara Adi Sumarmo dan 14 penerbangan dari Bandara Ahmad Yani.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.