Sukses

Hari Lahir Pancasila, Anies Baswedan: Kesatuan itu Ditopang Keadilan

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan hadir dalam upacara hari lahir Pancasila. Dia didampingi sang paman, yang mewakil ayahnya, AR Baswedan.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri upacara peringatan hari lahir Pancasila di Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri, Jalan Taman Pejambon, Jakarta Pusat, Jumat (1/6/2018). Dia menegaskan, sila keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, sebagai inti yang dapat mempersatukan seluruh elemen bangsa.

"Saya ingin menggarisbawahi kesatuan itu ditopang keadilan. Keadilan sosial yang akan menjaga persatuan. Karena itu tugas terbesar kita hari ini adalah memastikan hadir keadilan sosial," kata Anies di Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri, Jakarta Pusat, Jumat (1/6/2018).

Berkaca pada masa lalu, Anies mengatakan kunci persatuan adalah bagaimana bangsa Indonesia untuk tetap bersama dan teguh untuk melawan penjajahan.

"Jika diterapkan pada saat ini, maka resep utama ya adalah keadilan sosial," jelas dia.

Dia mengatakan, Anies hadir dalam upacara hari lahir Pancasila di Gedung Pancasila dalam kapasitasnya sebagai Gubernur DKI. Kehadirannya didampingi sang paman, yang mewakil ayahnya, AR Baswedan.

"Saya sebagai gubernur dan paman saya sebagai putra AR Baswedan mendapat undangan karena menjadi bagian dari penyusunan konstitusi," dia menutup.

Upacara memperingati hari lahir Pancasila dihelat pagi ini di Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri, Jalan Taman Pejambon, Jakarta Pusat, Jumat (1/6/2018), pukul 08.00 WIB.Upacara ini dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jokowi Pimpin Upacara

Presiden Joko Widodo atau Jokowi memimpin upacara peringatan hari lahir Pancasila, di Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri, Jalan Taman Pejambon, Jakarta Pusat, Jumat (1/6/2018).

Dalam sambutannya, Jokowi meminta seluruh anak bangsa mulai dari ulama, guru, politikus, hingga TNI-Polri bersama-sama mengamalkan Pancasila.

"Selamat hari lahir Pancasila, kita bersatu, kita berbagi," ujar Jokowi.

Jokowi menyatakan, Pancasila sebagai falsafah negara harus selalu hadir di setiap sudut kehidupan berbangsa. Hari lahir Pancasila yang bertepatan dengan Ramadan harus jadi momentum peduli dan berbagi.

"Sebagai bangsa majemuk dengan 714 suku 1.100 bahasa lokal 17 ribu pulau, semangat kesatuan merupakan pilar utama berbangsa," ujar Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.