Sukses

Cegah Terorisme, BNPT Bentuk Satgas Intelijen Gabungan Polri dan Sipil

Satgas gabungan bentukan BNPT itu nantinya akan mengumpulkan informasi demi mencegah munculnya tindak pidana terorisme.

Liputan6.com, Jakarta - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) memaparkan rentetan kinerjanya dalam hal pencegahan dan penanganan terorisme.

Salah satunya tentang pembuatan Satuan Tugas (Satgas) penindakan dengan fungsi sebagai intelijen.

"BNPT membentuk sebuah Satuan Tugas Penindakan yang terdiri dari para personel Polri dan sipil," kata Kepala BNPT Komjen Suhardi Alius dalam Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi III DPR, Rabu (30/5/2018).

Satgas itu akan mengumpulkan informasi demi mencegah munculnya tindak pidana terorisme. Nantinya hasil intelijen tersebut akan diserahkan pada Densus 88.

"Hasil kegiatan intelijen Satuan Tugas Penindakan BNPT akan dikoordinasikan dan men-support intelijen Densus 88 Polri dalam rangka kegiatan penindakan (terorisme)," ujarnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jaringan Terorisme Aktif

Suhardi juga memaparkan, dari 2017 hingga 2018, terdapat beberapa jaringan terorisme yang aktif melakukan kegiatannya di Indonesia. Kelompok itu, kata dia, juga memiliki kelompok kecil di bawahnya.

Kelompok itu di antaranya Jamaah Islamiyah (JI), Jamaah Ansharut Tauhid (JAT), Jamaah Ansharut Daulah (JAD), Jamaah Ansharul Khilafah (JAK), Jamaah Ansharut Syariah (JAS), dan Mujahidin Indonesia Timur (MIT).

Reporter: Sania Mashabi 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini