Sukses

Air Mata BJ Habibie Baca Puisi untuk Ainun

Meski sudah delapan tahun hidup tanpa ditemani sang istri, BJ Habibie mengaku hingga detik ini masih merasa kehilangan Ainun.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden ke-3 Indonesia Bacharuddin Jusuf Habibie tak kuasa menahan tangis saat membacakan puisi yang diperuntukan bagi mendiang sang istri, Hasri Ainun Besari. Puisi dengan judul Ainun itu dibaca Habibie di tengah-tengah acara pengajian memperingati wafatnya Ainun delapan tahun lalu, Selasa (22/5/2018).

Awalnya, Habibie membaca baris pertama puisi dengan tenang. Beberapa baris dibaca dengan tenang. Namun, saat kalimat yang menyinggung Ainun, suara Habibie terdengar parau.

Tak kuasa menahan gejolak rindu saat membacakan puisi bagi wanita yang telah mendampinginya selama 48 tahun. Wajah Habibie memerah, sesekali air mata jatuh dari pelupuk matanya.

Meski sudah delapan tahun hidup tanpa ditemani sang istri, Habibie mengaku hingga detik ini masih merasa kehilangan.

"Oh iya setiap detik. Saya berkeyakinan bahwa Ainun dia punya software itu di downloaded magnitude feels saya,” kata Habibie di kediamannya, Jakarta.

Ia mengaku rindu dengan segala omelan Ainun. Meski sering dimarahi, Habibie mengatakan tetap berusaha menjadi sosok baik, sehingga keduanya jarang bertengkar.

"Semua kalau dia marah marahin saya, tapi saya enggak pernah berantam sih, saya usaha menjadi orang baik," ujar Habibie.

Berikut puisi berjudul Ainun yang dibuat Habibie sebelum acara pengajian digelar.

Ainun

Ragamu ditaman Pahlawan bersama para pahlawan Bangsa Lainya

Jiwa, Roh, Batin dan Nuranimu telah menyatu dengan saya

Di mana ada Ainun ada Habibie, di mana ada Habibie ada Ainun

Tetap manunggal, menyatu dan tak terpisahkan lagi sepanjang masa

Bibit cinta Illahi, kami siram dengan kasih sayang, nilai imasn, takwa dan budaya.

Murni, suci, sejati sempurna dan abadi sepanjang masa.

Lindungilah kami dari segala godaan ganguan yang mencemari cinta kami

Perekat jiwa, roh, batin dan nurani, kami menjadi satu dan manunggal

Seribu hari, seribu tahun, seribu juta tahun Ainun dan Habibie

Mengatasi tantangan badai kehidupan, berlayar ke akhirat dimensi apa saja

Dipisahkan maut sewindu yang lalu, namun tetap manunggal sampai akhirat

Mengatasi segala tantangan dan perubahan bersama sesuai kehendakMU Allah SWT

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dihadiri Banyak Kalangan

BJ Habibie mengadakan pengajian mengenang wafatnya sang istri Hasri Ainun yang telah menginjak delapan tahun. Turut hadir aktor kondang, Reza Rahardian.

Acara dibuka tepat pukul 17.00 WIB, diawali dengan pembacaan yasin dan tahlil. Habibie yang mengenakan baju serba putih sembari memakai syal berwarna krem itu khusyuk membaca yasin di atas kursi. Ditemani aktor pemeran Benyamin Sueb yang duduk di sampingnya.

Ketua Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI), Jimmly Asshiddiqie juga membaca yasin dengan khidmat. Hal serupa dilakukan rohaniawan Katolik, Romo Franz Magnis Suseno. Meski berbeda keyakinan, Frans terlihat khusyuk mengikuti jalannya pengajian.

 

 

Reporter: Yunita Amalia

Sumber: Merdeka.com

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.