Sukses

Kecelakaan Maut Bumiayu, Ditlantas Polda Jateng Gelar Olah TKP

Liputan6.com, Brebes - Direktorat Lalu Lintas Polda Jawa Tengah menggelar olah tempat kejadian perkara (TKP) di ruas Jalan Diponegoro, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, sekitar 400 meter di lokasi truk tronton terguling.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Senin (21/5/2018), tim gabungan menganalisis sistem pengereman, termasuk perhitungan soal kecepatan kendaraan. Baik truk tronton maupun belasan kendaraan lain yang ditabraknya dengan melakukan pengambilan video dari udara menggunakan drone.

Tim juga memeriksa tujuh rumah yang warga yang rusak ditabrak truk.

Sebanyak 12 orang tewas dan 12 lainnya terluka, setelah sebuah truk tronton bermuatan gula pasir dengan berat sekitar 30 ton menabrak belasan sepeda motor, kerumunan warga, dan tujuh rumah di Jalan Raya Diponegoro, Jatisawit, Bumiayu, Minggu sore, 20 Mei 2018.

Sementara, kecelakaan terjadi saat banyak orang tengah berada di sekitar Jalan Diponegoro, yang menunggu waktu berbuka puasa.

"Dapat kami sampaikan, bahwa untuk pengemudi sopir truk telah diamankan, dengan inisial BD (46) serta dengan KTP Cilacap," ujar Kapolres Brebes AKBP Sugiarto.

Kejadian bermula, saat truk tronton meluncur kencang dari arah selatan. Setelah menuruni jalan layang Kretek–Paguyangan-Brebes, tiba-tiba truk hilang kendali dan mengahantam sebuah sedan, 13 sepeda motor, tujuh rumah dan kerumunan warga. Sebelum akhirnya terguling.