Sukses

Anies: Monas Kirim Pesan Kemerdekaan Palestina kepada Dunia

Anies menyinggung dukungan Palestina terhadap kemerdekaan Indonesia, bahkan sebelum proklamasi dibacakan.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melakukan salat Jumat berjemaah bersama peserta Aksi Bela Palestina 115 bertajuk Bela Baitul Maqdis di Monas, Jakarta Pusat. Anies menyampaikan bahwa Monas mengirimkan pesan kepada dunia.

"Hari ini begitu banyak di Monas untuk mengirimkan pesan kepada dunia bahwa Indonesia konsisten dalam membantu perjuangan rakyat Palestina," kata Anies saat ditemui di lokasi, Jumat (11/5/2018).

Ia pun menyinggung dukungan Palestina pada kemerdekaan Indonesia, bahkan sebelum proklamasi.

Anies lantas menegaskan, 73 tahun setelah merdeka, Indonesia tetap konsisten mendukung perjuangan kemerdekaan Palestina. Menurut dia, hal itu merupakan amanat konstitusi yang menyatakan bahwa kemerdekaan adalah hak segala bangsa.

"Apa yang sudah dikerjakan pemerintah untuk terus memperjuangkan diplomasi kita dukung terus. Sekaligus pertemuan pertemuan seperti ini yang terjadi di berbagai kota Indonesia mengirimkan pesan bahwa bangsa indonesia tetap komit untuk ikut membantu perjuangan Palestina," tutur Anies.

Lebih lanjut, Mantan Mendikbud ini juga mengimbau kepada para khatib dalam doanya untuk mendoakan Palestina.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kebanggaan Anies soal Monas

Anies juga menyelipkan kebanggaannya kawasan Monas dimanfaatkan oleh rakyat seperti para pemimpin bangsa terdahulu.

"Jakarta secara khusus kami merasa bersyukur bahwa Monumen Nasional dan lapangan ini adalah tempat berkumpulnya pertama kali seluruh rakyat dan pemimpin kita merdeka. Pada saat itu disebut lapangan IKADA," tandasnya.

Sementara, para massa aksi bela Palestina telah meninggalkan lokasi sejak pukul 13.00 WIB. Seluruh massa bubar dengan tertib. Mereka juga bergotong royong memungut sampah dan menjaga kebersihan kawasan Monas.

 

Reporter : Muhammad Genantan Saputra

Sumber  : Merdeka.com

Saksikan video pilihan di bawah ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.