Sukses

TNI AD Bersama Kemenpora Gelar TMMD Ke-102

Liputan6.com, Jakarta TNI Angkatan Darat (AD) bekerjasama dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menggelar kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa atau TMMD ke-102.

Kegiatan itu dibuka dengan diawali Rapat Koordinasi Teknis TNI Manunggal Membangun Desa (Rakonis TMMD) ke-102. Tahun Anggaran 2018 di Balai Sudirman, Tebet, Jakarta Selatan.

Asisten Teritorial KSAD Mayjen TNI Supartodi menyampaikan, TMMD merupakan salah satu wujud bakti TNI. Kegiatan itu selalu diselenggarakan lintas sektoral, baik melibatkan Polri, kementerian, hingga pihak nonpemerintah.

"Dilaksanakan secara terintegrasi bersama masyarakat, guna meningkatkan pembangunan di desa-desa," tutur Supartodi di lokasi, Selasa (8/5/2018).

Supartodi menyatakan TNI AD sangat antusias menyelenggarakan TMMD bersama Kemenpora. Setiap langkah strategis tentunya dilakukan dengan melaksanakan setiap program TMMD dari lembaga tersebut.

"Ini penting agar sinergitas yang dilakukan dapat meningkatkan kualitas generasi muda yang akan tumbuh dengan sifat kompetitif," jelas dia.

TMMD tidak hanya akan membangun fasilitas desa saja. Namun juga akan banyak penyuluhan terkait kesadaran berbangsa dan bernegara di masyarakat.

"Juga bela negara, penegakan hukum, kesehatan, keluarga berencana, dan setiap hal yang sifatnya penguatan jati diri bangsa. TNI AD berharap kegiatan ini dapat dijadikan momen mengukur kualitas masing-masing dan outcomenya dapat meningkatkan kualitas generasi muda, baik pendidikan, kesehatan, maupun mental," kata Supartodi.

Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi menambahkan, untuk kepada para peserta TMMD ke-102 agar mengajak masyarakat dan pemuda untuk menggelorakan semangat olahraga, wirasusaha, dan patriotisme.

"Lebih-lebih tanggal 18 Agustus Indonesia akan menadi tuan rumah Asian Games 2018," ujar Nahrawi.

 

2 dari 2 halaman

Sejumlah Program

Kemenpora memiliki sejumlah program yang akan disinergikan dalam kegiatan TMMD ke-102. Seperti bantuan bagi pemuda dan atlet berprestasi, khususnya aktivis pemuda agar mau melanjutkan pendidikan di S2.

"Kita sudah melatih 2500 sarjana untuk menggerakkan ekonomi desa dan budaya olahraga di masyarakat. Dan tahun ini akan kita ulangi bersama TMMD. Kemudian kita sudah latih seribu pemuda tani. Banyak anak muda sekarang yang meninggalkan bertani. Padahal di situ basis ekonomi kerakyatan kita," Nahrawi menandaskan.

TMMD ke-102 dibuka langsung oleh Nahrawi secara simbolis dengan pemukulan gong. Kegiatan itu akan dilangsungkan di sejumlah desa pada 10 Juli hingga 8 Agustus dengan melibatkan 7500 anggota gabungan TNI Polri dan didukung setiap lembaga terkait.

Loading
Artikel Selanjutnya
Dimulai dari Nusa Tenggara Timur, Kemenpora Cari Titisan Egy Maulana
Artikel Selanjutnya
Wapres Jusuf Kalla Didampingi Sesmenpora Meninjau Jakarta International Velodrome