Sukses

Akses ke Bundaran HI Ditutup Bikin Buruh Kecewa

Massa buruh yang tergabung dalam KASBI merasa kecewa karena tak bisa melakukan aksi perayaan May Day 2018 di Bundaran Hotel Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Massa buruh yang tergabung dalam Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI) merasa kecewa karena tak bisa melakukan aksi perayaan May Day 2018 di Bundaran Hotel Indonesia. Sebab, polisi sudah memblokade jalan tepat di samping Hotel Mandarin.

Pantuan di lokasi, Selasa (1/5/2018), kawat berduri dipasang di samping Hotel Mandarin, menutupi akses jalan menuju Bundaran HI. Sementara arus dari Jalan Jenderal Sudirman menuju Sarinah, atau arah sebaliknya tidak ditutup.

"Kami kecewa. Komunikasi dengan Kapolda 29 April kemarin, masih untuk titik kumpul di Hotel Indonesia. Kami sudah berkomitmen menjaga keamanan. Dalam faktanya di mana-mana diblokir, di KPU Jalan Imam Bonjol," ucap Ketua Umum KASBI Nining Elitos di lokasi.

Mereka mengatakan, sebenarnya tuntutan yang akan disampaikan buruh masih sama. Yakni hapus sistem kontrak, turunkan harga BBM. "Turunkan tarif dasar listrik, turunkan harga sembako," imbuh Nining.

Saat ditanya apakah akan mengubah jalur, dia mengatakan, masih menunggu kawan buruh lain. "Kami menunggu kawan yang lain. Setelah itu kami memutuskan (langsung ke Istana atau tidak)," katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Situasional

Sementara itu, Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol. Yusuf, mengatakan, pihaknya tetap membuka akses ke Bundara HI. Jika itu ditutup sifatnya situasional.

"Lihat saja masih dibuka kan. Kalau ditutup sifatnya situasional saja," jelas Yusuf.

Saat ditanya soal blokade jalan, dia menuturkan, "Kami hanya mengatur jalan. Itu bisa ditanya sama Kapolres atau Kapolsek."

 

Saksikan berita pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.