Sukses

Basarnas Akan Bangun Pos Siaga di Merapi dan Gunungkidul

Pembangunan pos siaga ini akan digunakan untuk menunjang kinerja Basarnas DIY.

Liputan6.com, Yogyakarta - Basarnas berencana membangun pos siaga di Gunungkidul dan Gunung Merapi. Pembangunan pos siaga ini akan digunakan untuk menunjang kinerja Basarnas DIY.

Kepala Basarnas Marsekal Madya M Syaugi mengatakan, saat ini di wilayah DIY selain memiliki Kantor Basarnas DIY, hanya memiliki satu pos siaga yang berada di Pantai Congot, Kulonprogo. Kondisinya, kata dia, belum bisa menjangkau semua wilayah.

"Ternyata menurut laporan dan kejadian-kejadian yang ada, kita masih memerlukan lagi tempat di daerah Gunungkidul. Kemudian di arah utara yang dekat dengan Merapi," ujar Syaugi saat berkunjung ke Kantor Basarnas DIY, Jumat 2 Maret 2018.

Untuk merealisasikan rencana penambahan pos siaga tersebut, lanjut dia, Basarnas tengah menjajaki kerja sama dengan Pemda DIY. Penjajakan ini dilakukan agar Pemda DIY mau untuk menghibahkan tanahnya untuk pembangunan Pos Siaga Basarnas di Gunungkidul dan Gunung Merapi.

"Kalau harus beli tanah ya anggarannya besar sekali. Lagipula ini kan tujuannya untuk menolong banyak orang," kata Syaugi.

Ia menjabarkan, untuk kebutuhan pendirian pos siaga Basarnas di Gunungkidul dan Gunung Merapi, pihaknya akan melakukan analisis. Selanjutnya, analisis ini akan dilakukan setelah kerja sama dengan Pemda DIY berkaitan dengan penyediaan lahan terlaksana.

"Makanya kita lihat. Yang penting kita punya tempat dulu. Kalau tempat di sana ada, baru kita analisis kita butuh apa di situ itu. Ini kan sekarang kita perlu penjajakan-penjajakan dengan pemerintah daerah, ini untuk kepentingan bangsa dan negara," urai Syaugi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lebih Cepat

Syaugi menilai, seandainya pos siaga di Gunungkidul dan Gunung Merapi bisa terealisasi, kerja Basarnas akan lebih mudah. Selain itu, sambung Syaugi, pertolongan yang diberikan kepada masyarakat akan bisa lebih cepat lagi dibandingkan sebelumnya.

"Adanya pos siaga di Gunungkidul dan Gunung Merapi akan membuat Basarnas DIY dalam menolong warga yang membutuhkan bantuan akan lebih cepat. Meskipun demikian, kinerja Basarnas di Kantor Basarnas DIY dan Pos Siaga Congot sudah cukup bagus," tutur Syaugi.

 

Reporter: Purnomo Edi

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.