Sukses

Cerita Mendebarkan Sertu Waki Selamatkan Warga yang Terseret Banjir

Liputan6.com, Jakarta Banjir yang merendam kawasan Tambakrejo, Pasuruan, Jawa Timur, menyisakan cerita tersendiri bagi personel TNI AD Sertu Mohammad Waki. Babinsa Koramil 0819/25 Gading Rejo, Kodim 0819/Pasuruan itu menyelamatkan nyawa warga yang terseret arus banjir sejauh 500 meter.

Peristiwa itu terjadi pada Jumat, 23 Februari 2018. Kala itu, ia mendengar kabar ada seorang warga desa bernama Sugeng hanyut terseret arus banjir ke arah Sungai Welang. Tanpa pikir panjang, ia langsung bergegas menuju lokasi.

Sesampainya di sana, Sertu Waki langsung menceburkan dirinya ke kali yang airnya berarus deras. Tanpa memedulikan nyawanya, ia terus berjibaku dengan kencangnya arus demi menyelamatkan nyawa korban.

"Saya tidak memikirkan keselamatan saya pada waktu itu, yang penting warga selamat," cetus Sertu Waki, Jakarta, Kamis (1/3/2018).

Aksi heroik Sertu Waki dalam menyelamatkan Sugeng tersebut terekam dalam kamera. Warganet pun menyebarkan foto itu hingga menjadi viral di media sosial.

Tindakan yang ditunjukkan Sertu Waki yang rela mempertaruhkan nyawanya sendiri demi menyelamatkan nyawa orang lain dinilai sebagai sikap terpuji. Tindakan itu patut dijadikan teladan.

Di samping memperlihatkan kesigapan, sebagai prajurit TNI AD yang profesional, berani, tulus, dan ikhlas, aksinya juga seakan menjadi angin segar bagi tetap terpeliharanya rasa kemanusiaan di tengah zaman yang serba individualistis ini.

Saksikan video pilihan berikut ini:

2 dari 2 halaman

Dapat Jadi Teladan

TNI AD mengapresiasinya dengan memberikan penghargaan yang langsung diberikan KSAD Jenderal Mulyono di Mabes AD, Jakarta.

Penghargaan itu diberikan atas dedikasi tugas yang ditunjukkan tanpa memedulikan keselamatan jiwanya dalam membantu masyarakat yang mengalami musibah.

Mulyono mengungkapkan, keberanian, ketulusan serta keikhlasan dalam mengabdikan diri pada tugas untuk membantu masyarakat merupakan kunci keberhasilan Babinsa dalam mendukung tugas pokok TNI AD.

"Tugas Babinsa harus selalu berada di tengah-tengah masyarakat dan menjadi motivator serta inspirator bersama-sama komponen bangsa yang lainnya mengatasi berbagai kesulitan masyarakat di daerahnya,” ujar Mulyono.

Ia berharap ketulusan pengabdian yang ditunjukkan Sertu Waki dapat menjadi pemacu semangat prajurit-prajurit TNI lainnya dalam menjalankan tugas. Dengan sikap tersebut, permasalahan yang dihadapi dapat diselesaikan dengan baik.

Loading
Artikel Selanjutnya
Minimal Lulusan SMP, Cek Info Lengkap Penerimaan TNI 2020
Artikel Selanjutnya
Duh, Tentara Gendut Tak Dapat Kenaikan Pangkat dan Jabatan